Komunitas Fashion Depok Rancang 700 Hazmat untuk Tenaga Medis

Penyerahan bantuan dari Dekranasda Depok (istimewa)

MARGONDA– Prihatin dengan kondisi tenaga medis, sejumlah tim komunitas fashion Kota Depok bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) berhasil membikin sebanyak 700 hazmat sebagai alat pelindung diri (APD). Seperti diketahui, pakaian khusus itu belakangan menjadi salah satu kebutuhan mendasar untuk menangani virus Corona (Covid-19).

Bantuan 700 hazmat itu diserahkan langsung oleh Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok pada Senin 6 April 2020. Elly mengatakan, gagasan awal itu muncul ketika kebutuhan APD meningkat drastis dan semakin sulit dicari di pasaran.

“Maka terbesitlah di kepala saya bahwa memungkinkan kita membuat APD. Alhamdulillah gayung bersambut, tim komunitas fashion Kota Depok bersama Dekranasda, mereka mempersiapkan dari membeli bahan hingga kemudian mereka memotong, dan ini mereka mendonasikan. Ongkos jahit itu pun mereka gratiskan,” katanya

Istri Wali Kota Depok itu menjelaskan, saat ini ada sekira 700 APD yang telah disiapkan.

“Seiring dengan proses perjalanan tim fashion ini juga membuat donasi dari pelanggan-pelanggan mereka yang terus bergulir hingga dana yang kami siapkan juga terus bertambah untuk bisa memungkinkan pindah ke proyek lain.”

Lebih lanjut Elly mengungkapkan, pihaknya mendapat informasi di lapangan terkait perkembangan saat ini, diantaranya kebutuhan masker.

“Baru dua hari yang lalu kami gagas. Saya bilang kita harus melakukan sejuta masker yang kita coba untuk bersama-sama, dari masyarakat, penggerak PKK dari kota sampai ke bawah.”

Dirinya mengatakan, 700 APD ini akan dibagikan ke sejumlah rumah sakit dan puskesmas di Kota Depok.

“Kami selalu berkoordinasi mana yang paling membutuhkan prioritas dan bantuan ini juga perlu dipertanggungjawabkan sesuai dengan kebutuhan dan tepat sasaran, dari Dinas Kesehatan yang terus kami pantau dan dari laporan Gugus Tugas Covid-19,” ujarnya

Elly yang juga menjabat sebagai Ketua PKK Depok ini menambahkan, pihaknya bakal melakukan sweeping, gerakan berbagi masker dengan target satu juta masker.

“Insya Allah. Saya kan punya grup ibu-ibu PKK kelurahan, tolong bantu pantau bahwa ini ada arahan dari bapak wali dan kita PKK juga harus ikut melaksanakannya. Semoga kita akan kembali normal, sebagaimana yang kita harapkan.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here