Komitmen Jaga Lingkungan Bersih dan Hijau, Alfamart dan Jurnalis Tanam Ratusan Pohon di Ciliwung

Ketua Pokja Wartawan Kota Depok RIna Ratna Purnama (dua dari kanan) melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan upaya Alfamart untuk menjaga lingkungan. (Foto: DepokToday)
Ketua Pokja Wartawan Kota Depok RIna Ratna Purnama (dua dari kanan) melakukan penanaman pohon. Kegiatan ini merupakan upaya Alfamart untuk menjaga lingkungan. (Foto: DepokToday)

DepokToday – Ratusan pohon ditanam di dekat bantaran Sungai Ciliwung, RT5/15, Kelurahan Kemiri Muka, Kecamatan Beji pada Kamis 4 November 2021. Kegiatan ini dapat berlangsung berkat kerjasama antara PT Alfamart, Pokja Wartawan Depok dan berbagai pihak.

Regional Manager Corporation Communication Alfa Mart, Budi Santoso mengatakan, penanaman pohon ini merupakan wujud dari kepedulian mereka dalam menjaga lingkungan. Selain itu, program ini dilaksanakan secara serentak oleh pihaknya.

“Alfamart memang memiliki program 6 pilar salah atunya adalah program clean and green. Saat ini secara serentak kita melakukan penanaman pohon, sampai akhir bulan ini kita hampir 14 ribu lebih yang sudah tertanam, kita memang menargetkan bisa lebih dari itu dan ini salah satu adalah kepedulian alfamart terhadap masyarakat, terutama lingkungan di sekitar kita,” papar Budi di lokasi kegiatan.

Pihaknya berharap dengan penanaman pohon ini, Ciliwung mampu tercegah dari abrasi dan kerusakan lingkungan lainnya.

“Program clean and green ini kita peduli terhadap kebersihan terhadap suangi-sungai, di sini khususnya ada sungai ciliwung,” jelas dia.

Baca Juga: Tragis, Mobil yang Ditumpangi Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol  

Khusus untuk Kota Depok, pihaknya berencana menanam sebanyak 150 pohon, terutama pohon yang berasal asli dari Kota Depok, yaitu Pohon Alpukat Miki.

“Diharapkan bisa mengurangi abrasi, penanaman Alpukat miki ya, salah satu tanaman khas depok juga, dan di sini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelas dia.

Apresiasi Kegiatan Alfamart

Pihak Alfamart bersama berbagai pihak di lokasi penanaman pohon. (Foto: DepokToday)
Pihak Alfamart bersama berbagai pihak di lokasi penanaman pohon. (Foto: DepokToday)

Sementara itu, Kabid Lingkungan dan Konservasi DLHK, Indra Kusuma mengapresiasi adanya kegiatan yang dilakukan Alfamart ini.

Menurut dia, komitmen semua pihak diperlukan untuk mewujudkan lingkungan yang  bersih dan hijau.

“Kami dari pemerintah Kota Depok dari Dinas Kebersihan mengucapkan banyak terimakasih dan apresiasi yang sangat besar kepada PT Alfa tbk yang menginisiasi penanaman pohon ini di bantaran Sungai Ciliwung, bertepatan 21 november itu sebenarnya hari pohon sedunia, 28 hari menanam pohon nasional, ditetapkan 2008 lalu,” ucap dia.

Di tempat sama, Ketua Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Kota Depok, Rina menambahkan, keikutsertaan teman-teman wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Depok merupakan bentuk untuk mendukung penjagaan kelestarian Sungai Ciliwung.

“Musim cuaca ekstrim sekarang ini musim hujan  dalam aksi peduli tanam bibit pohon yang dilakukan oleh Alfa Mart begitu berguna dan bermanfaat dalam mencegah bencana penurunan lapisan tanah hingga terjadi bencana longsor,” tambah wartawati senior itu.(lala/*)