Kobaran Api Hanguskan Toko Penjual Tahu Susu di Sawangan Depok

Sejumlah petugas Damkar berusaha memadamkan kobaran api yang menghanguskan toko tahu di Sawangan, Depok. (Depoktoday.com)
Sejumlah petugas Damkar berusaha memadamkan kobaran api yang menghanguskan toko tahu di Sawangan, Depok. (Depoktoday.com)

SAWANGAN- Sebuah toko penjual tahu susu di Jalan Raya Muchtar, Kecamatan Sawangan, Depok, ludes dilalap api pada Selasa 1 Juni 2021. Peristiwa kebakaran itu sempat melumpuhkan arus lalu lintas di sekitar lokasi kejadian.

Data yang dihimpun menyebut, api berkobar sekira pukul 12:00 WIB. Belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun yang jelas saat ini si jago merah telah berhasil dijinakan petugas Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) UPT Bojongsari dengan waktu respon hanya sekira 7 menit.

“Hanya kisaran 7 menit perjalanan menuju TKP. Setibanya di lokasi petugas langsung melakukan pemadaman,” tulis admin media sosial Damkar Depok.

Baca Juga: Kebakaran Melanda Rumah Makan Gonjreng Sawangan

Adapun luas area yang terbakar sekira 50 meter persegi.

“Yang terbakar yaitu area dapur. Total kerugian akibat kebakaran tersebut hingga kini masih dalam investigasi petugas terkait.”

Penyebab Toko Tahu di Depok Terbakar

Lebih lanjut dari keterangan pada unggahan video singkat kebakaran itu, disebut dugaan sementara penyebab kejadian adalah kegagalan fungsi kompor yang ada di area dapur toko tahu susu tersebut.

“Tidak ada korban dalam insiden tersebut. Kemudian petugas melakukan pendinginan hingga dipastikan kondisi terkendali, usai giat pukul 12:50 kemudian petugas kembali ke kantor.”

Penanganan Pertama Jika Kebakaran

Penyuluh Damkar Kota Depok, Iwan Affendi, berharap warga tahu cara memadamkan api di rumah dengan benar. Sehingga bisa meminimalisir kerugian materil yang akan dialami.

“Kebakaran yang terjadi di rumah-rumah biasanya ditimbulkan karena gas LPG yang bocor,” ucap Iwan.

Pertama, jika gas keluar dari selang yang bocor sehingga membakar kompor, masyarakat jangan melarikan diri, cukup mencabut regulator pada tabung gas, kemudian api akan padam sendiri.

Namun, bila gas menyemburkan api, hal yang harus dilakukan hanya menutup saluran gas tersebut. Selanjutnya, pada kasus ketiga, apabila api membakar kompor dan sulit mencabut regulator, segera tutup kompor dengan kain tebal basah. (rul/*)