Klaster Pertemuan Ibu-ibu di Depok, 26 Orang Positif COVID

Tim Pemburu COVID-19 melakukan patroli di mall (Istimewa)

DEPOK- Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (GTPPC) Kota Depok, Dadang Wihana menyebut, pihaknya menemukan adanya klaster baru yang menjangkit sejumlah ibu-ibu di wilayah Kecamatan Sukmajaya.

“Yang perlu kami sampaikan yang terjadi di wilayah Kelurahan Mekarjaya RW 04 itu adalah klaster pertemuan,” katanya saat dikofirmasi pada Selasa 5 Mei 2021.

Ia menjelaskan, klaster pertemuan ibu-ibu itu terjadi sejak sebelum Ramadhan.

“Sebenarnya kasus awalnya pertemuan ibu-ibu di Posyandu RW 04. Makanya kami sampaikan pertemuan, dan ada beberapa kasus yang diidentifikasi dari perjalanan mereka dari suatu kegiatan yang ada di wilayah Cibubur, ini makanya kita lakukan langkah tracing.”

Baca Juga: Disnaker Depok Buka Posko Pengaduan THR, Ini Lokasinya

Dadang menyebut, semula yang ditemukan positif COVID-19 ada 10 orang, dan berkembang menjadi 23 orang.

“Nah kami dapat laporan bertambah kemarin tiga orang, jadi perhari ini 26 kasus,” ujarnya

Kasus itu diawali dari pertemuan ibu-ibu berjumlah 24 orang dari klaster tersebut.

“Awalnya ada dua orang yang bergejala dan dilakukan tes sehingga dari 24 orang ada 10 atau 11 yang terpapar.”

Dari kejadian itu, GTPPC kemudian melakukan pengembangan dengan melakukan kontak tracing dan melakukan testing sehingga berkembang dari sepuluh kasus menjadi 23 kasus.

“Dari Satgas Kota Depok melakukan mitigasi, melakukan rapat secara darurat pada Minggu lalu untuk melakukan langkah mitigasi dari tanggal 30 April sampai dengan 5 Mei hari ini,” ujarnya.

Terkait hal itu Dadang mengimbau agar pada warga yang melakukan kontak erat terhadap sejumlah orang tersebut untuk segera melakukan Swab PCR, di puskesmas.

Lebih lanjut Dadang mengatakan, pihaknya juga sudah melakukan langkah-langkah mitigasi satgas dan untuk pengawasan saat ini bersama TNI-Polri.

Untuk diketahui, jumlah kasus terkonfirmasi positif dari awal pandemi sampai saat ini di Kota Depok sebanyak 47.312 orang, pasien positif aktif 1.531 orang, pasien sembuh 44.869 orang dan meninggal dunia 912 orang. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here