KKB Papua Sayap OPM Ini Tegaskan Tak Usik Peparnas XVI di Jayapura

KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday – Helatan PON Papua telah berjalan dengan aman tanpa ada gangguan dari KKB. Kini giliaran Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XVI yang akan dilaksanakan di Jayapura.

Untuk mendukung kegiatan tersebut berjalan degan aman, KKB Papua dari sayap OPM menyatakan dengan tegas tak akan mengganggu jalannya Pekan Paralimpiade Nasional atau Pekan Paralimpik Indonesia (Peparnas) XVI di Jayapura.

Melansir dari Surya.co.id, diketahui, Peparnas XVI akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampai dengan 15 November 2021 mendatang. Rencananya event tersebut akan dilaksanakan di Jayapura, Papua.

Kepolisian Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) mendukung dan siap mensukseskan pelaksanaan Peparnas XVI.

Hal itu diungkapkan Kepala Kepolisian NRFPB Elias Eyakeding dalam video singkatnya yang diterima, Senin (25/10/2021).

Dalam video berdurasi 57 detik itu, Elias juga mengaku siap mendukung kelancaran keamanan selama pelaksanaan Peparnas XVI di Kota dan Kabupaten Jayapura, Papua.

“Saya selaku Kepala Polisi NRFPB Papua siap mendukung terlaksananya Peparnas ke XVI yang akan dilaksanakan pada tanggal 2 sampaidengan 15 November 2021,” kata Elias.

Bahkan Elias pun meminta seluruh lapisan masyarakat Papua pun menyerukan hal serupa.

Baca Juga: Peneliti Ungkap Konsumsi Kopi yang Tepat untuk Tingkatkan Kesehatan Hati, Begini Caranya

“Semoga seluruh masyarakat Papua dapat mendukung pelaksanaan event ini, agar berjalan sukses di tanah Papua,” ujarnya.

Diketahui Kepolisian Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) yang merupakan organisasi separatis yang mengambil sikap lewat gerakan politik.

Baca Juga: KKB Papua Kembali Kontak Senjata, Satu Anggota TNI Tertembak

Sebelumnya, OPM juga mengeluarkan maklumat Rimba Raya untuk semua kalangan termasuk KKB tertanggal 7 September 2021 terkait Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang akan berlangsung Oktober.

Maklumat tersebut berisi perintah dan pernyataan agar KKB Papua tidak melakukan gangguan keamanan seperti penembakan selama acara tersebut berlangsung.

Dalam maklumat, Panglima OPM Amos Sorondanja meminta seluruh Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB Papua untuk tidak mengacaukan keamanan selama PON XX Papua. (lala/*)