KKB Kembali Tembaki Wilayah Pemukiman di Intan Jaya, TNI Polri Gerak Cepat

Pasukan kalajengking hitam yang diturunkan cegat pasokan senjata KKB (Foto: Istimewa)
Pasukan kalajengking hitam yang diturunkan cegat pasokan senjata KKB (Foto: Istimewa)

DepokToday- Pasukan sparatis yang disebut dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB, kembali membuat onar di wilayah Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua pada Selasa 9 November 2021. Sama seperti sebelumnya, kali ini mereka pun melontarkan tembakan ke pemukiman warga.

Tak tinggal diam dengan serangan tersebut, sejumlah pasukan TNI dan Polri langsung bergerak mengamankan obyek vital negara yang berada di lima titik kawasan tersebut.

Baca Juga: Heboh Pengamen Depok Bersuara Mirip Charly ST12, Nih Videonya

Melansir Kompas.id, Kepala Satgas Penegakan Hukum Nemangkawi Komisaris Besar Faizal Ramadhani mengungkapkan, KKB melepaskan tembakan pada Selasa pagi. Tapi ia memastikan, tidak ada aparat yang kena.

Mantan Wakapolres Metro Depok itu mengatakan, pihaknya telah memblokade lima jalan masuk ke dalam wilayah Sugapa yang merupakan ibu kota Intan Jaya.

Ia mengaku ada sekira 100 personel gabungan yang memblokade lima jalur masuknya KKB ke Sugapa.

Dalang KKB di Intan Jaya

Menurut Faizal, saat ini aparat TNI Polri telah berhasil menguasai kondisi di lapangan, meski masih terdengar beberapa kali bunyi senjata api.

“Situasi masih landai, tetapi masih terdengar beberapa kali bunyi tembakan dari kemarin hingga Selasa pagi. Kami juga telah mengirimkan satu peleton pasukan ke sana,” katanya.

Baca Juga: Kisah Tiga Srikandi ITB yang Jadi Rebutan Dunia Industri, Awalnya Stres

Terkait hal itu, Faizal curiga KKB Undius Kogoya berada di balik aksi teror yang menyebabkan gangguan keamanan di Intan Jaya. Jumlah anggota kelompok ini sekitar 50 orang.

“Saat ini Satgas Nemangkawi bersama TNI telah menguasai fasilitas vital negara di Sugapa seperti bandara. Seluruh aparat keamanan di Intan Jaya dalam posisi masih bersiaga menghadapi kelompok ini,” ujarnya disitat dari Kompas. (rul/*)