Kisah Pilu Warga Depok Tertolong ATM Beras dari TNI

ATM Beras Si Komandan, bantu warga Depok (Istimewa)

MARGONDA- Sejumlah warga Depok, Jawa Barat, yang belum mendapat bantuan dari pemerintah setempat, maupun provinsi kini mulai bisa sedikit bernafas lega. Sebabnya, aparat TNI dari Kodim 0508/Depok telah menyediakan beras gratis sebanyak lebih dari 17,5 ton.

Beras yang diberikan secara cuma-cuma itu dapat diperoleh warga dengan mengakses mesin khusus yang menyerupai mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) yang diberi nama ATM Pertanian Si Komandan.

Pasiter Kodim 0508 Depok, Kapten Inf Ibrahim menuturkan, warga yang mendapat layanan ini adalah mereka yang belum tersentuh bantuan sama sekali, baik itu dari pemerintah kota, maupun daerah.

“Kami koordinasi dengan koramil dan babinsa untuk mengumpulkan KTP dan KK. Jadi memang benar-benar adalah warga yang membutuhkan, dan belum dapat bantuan,” katanya pada wartawan, Jumat 24 April 2020

Warga yang telah terdata, jelas Ibrahim, nantinya akan mendapat satu kartu untuk mengakses mesin tersebut. Adapun jumlah kuota yang diberikan yakni sebanyak 1.000 orang/hari.

“Setiap warga mendapat beras 1,5 kg/hari. Nanti bergantian tidak orang yang itu-itu saja. Jadi kartunya bisa dipakai satu kali dalam sehari. Caranya kartu ini ditempelkan dan nanti beras akan keluar dari mesin tersebut,” tuturnya

Di tempat yang sama, Komandan Kodim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Mi’raj menjelaskan, bantuan beras ini berasal dari Mabes AD dan Kementerian Pertanian. Beras gratis ini dibagikan untuk warga pra sejahtera yang terkena dampak Covid-19

“Jadi ada tiga kriteria yang dapat bantuan ini, yaitu warga kurang mampu, warga yang belum mendapat bantuan dari pemerintah dan warga yang tidak punya penghasilan,” katanya

Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf Agus Isrok Miraj (Istimewa)

Adapun jumlah beras yang tersedia saat ini sebanyak 360 karung, atau sebanyak 17.5 ton. Dan sampai hari ini sudah disalurkan sebanyak 22 karung.

Sementara itu, Sa’alih (64 tahun), salah satu warga penerima manfaat tersebut mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan dari TNI. Sebab, sampai saat ini ia dan keluarga belum mendapat bantuan dari Pemerintah Kota Depok.

“Saya driver, tapi lagi distop sudah bulan, jadi nganggur di rumah.

Dari pemrintah belum ada (bantuan), baru ini saja (dari TNI). Saya mau ngucapin ya banyak-banyak terimakasih sama TNI sudah mau ngasih sembako,” ujarnya dengan nada sedih. (rul/*)

2 KOMENTAR

  1. Luar biasa sekali TNI AD khususnya Kodim depok dalam membantu masyarakat… semoga selalu sukses dan Hebat… mantabbb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here