Kesempatan Prancis dan Portugal Mengunci Tiket 16 Besar

Skuat Prancis di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Prancis)
Skuat Prancis di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Prancis)

BUDAPEST—Prancis, Portugal, Jerman, dan Spanyol, semuanya akan kembali bertanding di putaran kedua penyisihan grup Piala Eropa 2020 pada hari Sabtu, 19 Juni 2021.

Di Grup F, Prancis dan Portugal punya kesempatan besar untuk mengunci lebih awal tiket ke babak 16 besar. Dengan catatan kemenangan wajib diraih oleh Prancis dan Portugal.

Prancis harus menangani tuan rumah Hongaria di Puskas Arena, Budapest, malam ini pukul 20:00 WIB. Setelah itu, giliran Portugal dijamu Jerman di Allianz Arena, Munchen, malam ini pukul 23:00 WIB.

Pemain Prancis dalam sesi latihan.(Foto: Twittee Prancis)
Pemain Prancis dalam sesi latihan.(Foto: Twittee Prancis)

Juara dunia Prancis membuka kampanye mereka di Grup F Piala Eropa 2020 dengan mencatatkan kemenangan 1-0 melawan Jerman di Munchen. DIBACA JUGA: Dua Tuan Rumah Grup F Piala Eropa 2020 Telan Kekalahan

Bila hasil serupa diraih kembali oleh Prancis kala bersua Hungaria, mereka memastikan diri ke babak perdelapan final dengan satu pertandingan tersisa.

Puji Hungaria

Pelatih Prancis, Didier Deschamps, enggan jumawa. Juru taktik yang pernah mengangkat trofi Piala Dunia 1998 itu tetap memandang Hungaria sebagai tim yang hebat.

“Mereka tim yang agresif dan pekerja keras, dan terorganisir dengan sangat baik. Saya pikir mereka memiliki pelatih Italia yang menjelaskan banyak hal itu!” kata Deschamps disitat uefa.com.

Hungaria yang bermain di kandang sendiri sekaligus mendapat dukungan suporter, juga menjadi catatan bagi Deschamps.

“Mereka di rumah dan saya mengharapkan mereka untuk menunjukkan komitmen yang sama, yang mereka tunjukkan saat melawan Portugal. Jika kami menang lagi, kami akan lolos setelah dua pertandingan. Itulah tujuan pertama kami,” paparnya.

Memberikan yang Terbaik

Sementara itu, Hungaria, yang digulung Portugal dengan tiga gol tanpa balas ingin memberikan yang terbaik bagi penggemar mereka di turnamen edisi ke-16 ini.

Pertandingan antara Hungaria vs Portugal.(Foto: Twitter Euro2020
Pertandingan antara Hungaria vs Portugal.(Foto: Twitter Euro2020)

Sempat menahan juara bertahan Portugal 0-0 di babak pertama, Hungaria akhirnya kebobolan tiga gol saat babak kedua tersisa enam menit. DIBACA JUGA: Bikin Dwi Gol, Cristiano Ronaldo Raja Gol Piala Eropa

Walaupun keok dengan selisih tiga gol dan kini mesti menghadapi tim berlabel juara dunia yang juga runner-up Piala Eropa 2016, Pelatih Hungaria, Marco Rossi, tetap optimistis bisa memberikan penampilan yang terbaik.

“Ini adalah motivasi besar bagi kami; kami berbicara tentang juara dunia, favorit yang jelas, yang memiliki pemain top, Mbappe. Kami berdiri di depan tugas yang hampir mustahil, tapi kami akan memberikan yang terbaik,” tegas pelatih berpaspor Italia itu.

(tdr/*)