Kesal Anggotanya Tewas Ditembak TNI-Polri, OPM Ngadu ke PBB

Ilustrasi TPNPB OPM sedang diburu TNI di hutan Papua. (Istimewa)
Ilustrasi TPNPB OPM sedang diburu TNI di hutan Papua. (Istimewa)

DepokToday- Juru Bicara Tentara Pembebasan Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka atau TPNPB OPM, Sebby Sambom mengakui ada salah satu anggotanya yang tewas akibat baku tembak dengan TNI-Polri pada Jumat 5 November 2021.

Kontak senjata antara OPM dengan aparat terjadi sekira pukul 16:22 WIT.

Dilansir dari CNNIndonesia, anggota OPM yang tertembak bernama Oche Belau. Pihak OPM tak terima dengan kejadian itu. Menurut Sebby, kasus tersebut harus dibawa ke PBB.

Baca Juga: Banjir Hingga Longsor Melanda Depok, Banyak Warga Terjebak

Ia menilai, pasukan TNI-Polri menggunakan senjata canggih untuk menyerang pasukan OPM.

“Pasukan TPNPB tidak akan mundur dan tetap melawan kolonial TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya sampai Papua merdeka,” ujarnya dikutip pada Minggu 7 November 2021.

Kronologi Baku Tembak TNI Lawan OPM

parat TNI-Polri kembali terlibat baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata atau KKB di Distrik Sugapa, Intan Jaya Papua pada Jumat 5 November 2021.

Dari peristiwa ini, satu anggota OPM dilaporkan tewas dan dua anggota Polri terluka.

Kepala Bidang Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengungkapkan, kedua anggota Polri yang mengalami luka tembak itu telah dievakuasi ke Mimika pada Sabtu 6 November 2021.

Baca Juga: Polres Depok Ringkus Pria Bertato yang Tinju Anak Kandung

Personil gabungan TNI/Polri yang ada di Sugapa Kabupaten Intan Jaya hingga saat ini masih melaksanakan penjagaan dan pengawasan dalam Kota Sugapa termasuk obyek vital Bandara Bilorai Kabupaten Intan Jaya.

“Situasi di Kabupaten Intan Jaya sampai saat ini aman terkendali,” kata Ahmad Mustofa Kamal dikutip pada Minggu 7 November 2021. (rul/*)