Kesaksian Warga Soal Pasar Muamalah

Pasar Muamalah
Ruko di Pasar Muamalah dipasang garis polisi. (Foto: DepokToday/Rul)

BEJI– Garis polisi terlihat masih terpampang di salah satu ruko di area Pasar Muamalah, Jalan Tanah Baru, Kecamatan Beji, Depok, Kamis 4 Februari 2021.

Hal itu terjadi setelah transaksi penggunaan Dinar-Dirham di pasar tersebut viral hingga akhirnya polisi mengamankan Zaim Saidi, pria yang disebut-sebut sebagai pendiri Pasar Muamalah.

Zaim diciduk Mabes Polri pada Selasa malam, 2 Februari 2021.

Baca Juga: Ini Jalur Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Indonesia 2021

Usut punya usut, warga sekitar rupanya kerap mendapat zakat berupa 1 Dirham dari pengelola pasar. Biasanya, uang koin senilai Rp 73 ribu itu akan dibelanjakan untuk keperluan sembako di Pasar Muamalah.

“Kita (warga) dikasih sama RT tapi enggak banyak, nanti kita tinggal tukerin aja uang itu. Kita mau apa nih, misalnya mau beras apa aja macam-macam ada sembako,” kata Sidik warga sekitar.

Pria paruh baya itu mengaku, jika ingin belanja di sana (Pasar Muamalah) ya harus menggunakan Dirham yang telah diberikan, tidak bisa ditukar dengan Rupiah.

“Yang bisa belanja yang punya uang aja, dipilih sama Pak RT,” katanya

Sidik mengungkapkan, mereka yang mendapat Dirham adalah warga tidak mampu. “Yang dikasih orang-orang enggak mampu secara cuma-cuma.”

Namun kini, pasar tersebut sudah tidak lagi dibuka sejak dua Minggu terakhir. “Biasanya sebulan 2 kali,” ucap Sidik

Sementara itu, pantauan di lokasi kejadian melaporkan, saat ini situasi cukup sepi. Hanya terlihat rumah makan dan tempat pakan hewan yang masih buka. Sedangkan ruko yang bertuliskan Kafe Muamalah tutup usai disegel .(rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here