Keren, Begini Cara Napi Rutan Depok Peringati Hari Lahir Pramuka

Kegiatan Pramuka di Rutan Depok (DepokToday.com)
Kegiatan Pramuka di Rutan Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Sejumlah narapidana di Rumah Tahanan Negara (Rutan), Kelas I Depok, turut memperingati hari Pramuka pada Sabtu, 14 Agustus 2021. Meski berada di dalam penjara, namun antusiasme para warga binaan ini tak kalah dengan mereka yang berada di luar sana.

Semangat nasionalis para narapidana ini terlihat ketika mereka mengenakan seragam berwarna cokelat, lengkap dengan dasi merah putih kebangaan anggota Pramuka.

Kegiatan yang berlangsung siang itu menjadi momentum 60 tahun kiprah gerakan Pramuka di Indonesia.

Plt Kepala Rutan Kelas I Depok,  Muhamad Irvan Muayat, mengatakan, peran Pramuka sangatlah penting bagi generasi bangsa. Menurutnya, Pramuka bisa dijadikan sebagai proses pendidikan karakter di luar lingkungan sekolah dan keluarga.

“Adapun tujuan kami memperingati hari Pramuka yaitu menggelorakan Pramuka sebagai salah satu aset bangsa yang wajib untuk dilestarikan dan bisa bersama-sama untuk saling menjaga serta lebih mencintai Indonesia sesuai cita-cita Pancasila dan UUD 1945,” katanya usai memimpin langsung kegiatan tersebut.

Tema yang diusung dalam peringatan tahun ini yakni, Berbakti Tanpa Henti. Upacara memperingati hari Pramuka ini dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Muhamad Irvan berharap, organisasi ini dapat lebih diperhatikan. “Dukungan dari segala pihak sangat diperlukan agar Pramuka dapat terus berjaya dan baktinya merupakan bagian penting mewujudkan NKRI yang adil dan sejahtera,” ujarnya.

HUT Pramuka (DepokToday.com)
HUT Pramuka (DepokToday.com)

“Selamat hari Pramuka ke-60, mari bersama-sama kita berbakti tanpa henti dan semoga segala yang kita lakukan senantiasa mendapatkan ridho dari Allah SWT,” sambungnya.

Eksistensi Napi Rutan Depok

Berada di balik jeruji besi tahanan nyatanya tak menjadi halangan bagi seseorang untuk terus berkarya. Hal itulah yang ditunjukan sejumlah narapidana alias napi di Rumah Tahanan Negara atau Rutan, Kelas I Depok.

Berbekal pengetahun dari media online, sejumlah napi di tempat itu pun sukses membuat karya yang dapat dinikmati banyak orang. Salah satunya adalah memproduksi kopi lokal.

Mereka (napi) menyebutnya, Krabu Coffee. Program ini dibawah binaan langsung petugas Rutan Kelas I Depok. Kerennya lagi, sejumlah alat pengolah bahan dasar kopi itu ternyata buatan para napi sendiri. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Napi Rutan Depok Produksi Kopi Lokal, Harganya Bikin Melongo