Kerajaan Arab Saudi Akhirnya Cabut Larangan Umrah untuk Indonesia

Jamaah umrah (Foto: Istimewa)
Jamaah umrah (Foto: Istimewa)

DepokToday- Kerajaan Arab Saudi akhirnya mengizinkan jamaah asal Imdonesia untuk melaksanakan umrah. Hal itu telah dipastikan oleh Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Dilansir dari Hops.id jaringan DepokToday.com, pemberitahuan tersebut disampaikan melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta.

Keputusan itu keluar usai berlangsungnya pembahasan yang cukup lama dalam level menteri luar negeri, menteri kesehatan dan menteri agama.

Baca Juga: Geger, Pria Bercadar Masuk Masjid, Salat di Shaf Perempuan

Tak dapat dipungkiri, menurunnya angka kasus positif dan kematian akibat COVID-19 di Indonesia menjadi salah satu pertimbangan pemerintah Arab Saudi membuka kembali perjalanan umrah bagi jemaah Indonesia.

“Kedutaan (Saudi di Jakarta) telah menerima informasi dari pihak berkompeten di kerajaan Arab Saudi perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia,” kata Retno dilansir dari VOA Indonesia, pada Minggu 10 Oktober 2021.

Teknis Pelaksanaan Umrah

Lebih lanjut Retno mengungkapkan bahwa pihak komitert sedang bekerja untuk jemaah Indonesia dalam mengatasi berbagai hambatan yang menghalangi pelaksanaan ibadah umrah.

Adapun isi nota diplomatik lainnya, kedua pihak dalam tahap akhir pembahasan mengenai pertukaran link teknis. Seperti menjelaskan informasi para pengunjung berkaitan dengan vaksin dan akan memfasilitasi proses masuknya jemaah dari Indonesia.

“Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama lima hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan,” kata Retno.

Baca Juga: Partai Ummat Ditinggali Kadernya di Depok, Bubar Jalan?

Keluarnya izin umrah bagi jemaah Indonesia itu akan ditindaklanjuti oleh pemerintah melalui pembahasan secara lebih detail soal teknis pelaksanaannya.

Retno juga berujar bahwa Kementerian Luar Negeri akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan.

Otoritas terkait di Arab Saudi juga akan ikut serta dalam koordinasi tentang pelaksanaan kebijakan baru tersebut.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 10 Oktober 2021: Bhayangkara FC Menjuarai Klasemen, Salawat Selamatkan Bocah di Sumur Tua

Sebelumya, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Pangeran Faisal bin Farhan sudah menyampaikan permintaan untuk mencabut larangan umrah bagi jemaah Indonesia.

Permintaan tersebut disampaikan di sela-sela sidang Majelis Umum PBB di New York pada bulan September lalu.

Dengan demikian, umrah sudah dibuka kembali namun, belum ada waktu pasti kapan hal ini dapat terlaksana.

Mengingat, kebijakan baik ini baru akan dibahas secara detail mengenai teknis pelaksanannya oleh pemerintah agar berjalan dengan baik. (rul/*)