Kepala Korps Brimob Bakal Dijabat Bintang Tiga, Kapolri: Tugas dan Tanggungjawabnya Semakin Berat

Kapolri Jenderal Listyo Sigit datangi Markas Brimob. (Foto: Kompas)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit datangi Markas Brimob. (Foto: Kompas)

DepokToday – Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo mengatakan, dalam waktu dekat Kepala Korps Brimob bakal dijabat oleh Jenderal Bintang Tiga atau Komjen (Pol) dari sebelumnya Bintang Dua atau Irjen (Pol).

“Kakorbrimob kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga karena tugas dan tanggungjawabnya yang semakin berat,” kata Listyo saat mengunjungi Mako Brimob, Kelapa Dua, Minggu 14 November 2021.

Listyo menjelaskan, saat ini kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sedang mengalami peningkatan eskalasi, sehingga diperlukan peran brimob dalam menghadapi situasi tersebut. Maka perlu dilakukan pengembangan terhadap pasukan elit milik Polri tersebut.

“Dalam rangka menghadapi tantangan yang semakin kompleks, maka kita sedang melakukan restrukturisasi organisasi, pengembangan organisasi, saat ini sedang berproses, korbrimob dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan untuk tambahan beberapa bintang,” kata Listyo.

Listyo menjabarkan beberapa peningkatan eskalasi kamtibmas ini dipicu oleh fluktuasi pandemi COVID-19, ancaman terorisme baik nasional hingga internasional, sampai dengan situasi politik Indonesia yang sebentar lagi bakal diselenggarakan Pilpres 2024.

“Sehingga kehadiran brimob dalam menghadapi situasi dan eskalasi kamtibmas yang meningkat bisa kita implementasikan sebagai representasi negara,” kata Listyo.

Lebih jauh Jenderal Polisi Bintang Empat ini mengatakan, prestasi pasukan khusus Polri itu dalam menjalankan tugas menjaga kamtibmas hingga misi-misi kemanusiaan perlu diapresiasi, mulai dari masalah aksi terorisme, penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua, unjuk rasa besar hingga penanggulangan COVID-19 dan bantuan bencana alam.

“Tentunya saya memberikan apresiasi, karena rekan-rekan dari brimob selalu hadir dalam waktu cepat sebagai representasi negara,” kata Listyo. (ade/*)