Kenalkan Ribuan Hasil Riset, Universitas Indonesia Buka Pameran Secara Virtual

Suasana pameran Inovasi Virtual Universitas Indonesia. Foto: Istimewa
Suasana pameran Inovasi Virtual Universitas Indonesia. Foto: Istimewa

DepokToday – Sepanjang periode 2015 hingga 2021, Universitas Indonesia menyebut sedikitnya ada 3890 kekayaan intelektual yang tercipta oleh para peneliti dari kampus kuning tersebut.

Hasil riset dan inovasi milik Universitas Indonesia itu kini telah banyak dirasakan oleh masyarakat Indonesia.

Untuk mengenalkan ribuan produk riset itu, Direktorat Inovasi dan Science Techno Park (DISTP) Universitas Indonesia menyelenggarakan pameran secara virtual.

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro mengatakan, sebagai sebuah perguruan tinggi yang unggul, inklusif, toleran dan bermartabat, UI senantiasa berupaya memberikan berbagai solusi atas berbagai macam permasalahan masyarakat Indonesia.

Baca Juga: UI Luncurkan MUI Academy, Wujudkan Pendidikan Inklusif

“UI mewujudkan solusi itu lewat langkah-langkah strategis yang diperlukan untuk bertransformasi menjadi sebuah entrepreneurial university,” kata Ari saat pembukaan pameran inovasi UI di kanal Youtube resmi Universitas Indonesia, Senin 30 Agustus 2021.

Ari mengatakan, dengan dibukanya pameran inovasi dalam rangka perayaan puncak Bulan Inovasi 2021 tersebut, diharapkan dapat mendemonstrasikan setiap hasil produk riset dan inovasi yang dikerjakan oleh UI secara luas kepada stakeholder, untuk perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia.

Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro saat membuka pameran Inovasi Virtual UI, Senin 30 Agustus 2021. Foto: Istimewa
Rektor Universitas Indonesia, Ari Kuncoro saat membuka pameran Inovasi Virtual UI, Senin 30 Agustus 2021. Foto: Istimewa

“Kami harap bangsa Indonesia dapat menikmati sensasi berada pada lingkungan virtual 3D dalam pameran riset ini. Kami mempersembahkan pameran ini untuk kemajuan bangsa Indonesia yang tercinta,” kata Ari.

Ditempat yang sama, Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, Nurtami mengatakan, saat ini UI terus memfasilitasi para inventor untuk berinovasi dengan menyediakan 215 laboratorium riset UI dengan valuasi aset senilai Rp 2,4 triliun.

“UI turut berkontribusi positif memajukan industrialisasi nasional, memajukan pertumbuhan industri baru, kecil, dan berbasis teknologi, menghasilkan banyak start-up, terjun langsung memanfaatkan produk inovasi ke masyarakat dari Sabang hingga Merauke, serta menyumbang pemikiran dan rekomendasi bagi kebijakan pemerintah,” katanya.

Nurtami mengatakan, selain telah menghasilkan ribuan kekayaan intelektual, UI juga telah menghasilkan banyak usaha rintisan (start-up) binaan, diantaranya adalah Flip, Dietela, dan Wear Weird. “Pemeran virtual ini akan menjadi ajang yang bagus untuk berbagai capaian inovasi UI tersebut memamerkan keunggulannya.” pungkasnya.

Untuk bisa mengunjungi pameran inovasi UI ini, masyarakat bisa masuk melalui laman https://innovationgalleryui.id/distpui/. (ade/*)