Kemenangan Perdana AS di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf

Ricardo Pepi, salah satu pemain AS yang mencetak gol ke gawang Honduras.(Foto: U.S. Socer MNT)
Ricardo Pepi, salah satu pemain AS yang mencetak gol ke gawang Honduras.(Foto: U.S. Socer MNT)

DepokToday-Amerika Serikat meraih kemenangan pertamanya di babak final Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf, Kamis 11 September 2021.

Amerika Serikat (AS) bangkit dari ketinggalan satu gol atas Honduras dan akhirnya memenangkan laga dengan skor 4-1 di Estadio Olimpico di San Pedro Sula.

Honduras selaku tuan rumah mendapat keuntungan pada menit ke-27, ketika Brayan Moya mencetak gol pembuka setelah memanfaatkan umpan silang Diego Rodriguez. AS kemudian memulai babak kedua dengan baik, menemukan penyama kedudukan pada menit ke-48 melalui gol Antonee Robinson.

AS lalu mendapatkan keunggulan pertama pertandingan di menit ke-75. AS mengolah bola melebar ke sisi kanan serangan di mana DeAndre Yedlin mengirim servis untuk Ricardo Pepi, yang menggunakan kepalanya untuk mencetak gol pertama tim nasional seniornya.

Pepi kembali aktif saat tim tamu memperbesar keunggulan pada menit ke-86, memimpin breakaway setelah melepaskan umpan dan memberikan umpan kepada Brenden Aaronson untuk melepaskan tembakan kaki kanan yang membobol gawang Honduras untuk membuat skor menjadi 3-1.

Dan di waktu tambahan, Sebastian Lletget menambahkan gol yang keempat AS. Lopez menyelamatkan upaya dari Pepi, tetapi tidak bisa mengontrol rebound, dan gelandang LA Galaxy iyu muncul di tiang belakang untuk menyelesaikannya.

AS sekarang mengalihkan perhatiannya ke pertandingan berikutnya pada bulan Oktober ketika  menjamu Jamaika, sementara Honduras menyambut Kosta Rika.

BACA JUGA: Tekuk Meksiko, Amerika Serikat Juara Piala Emas Concacaf 2021

BACA JUGA: Rangkuman Hasil Pertandingan 6 Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Eropa 

BACA JUGA: Kemenangan Iran Berlanjut di Kualifikasi Piala Dunia 2022

BACA JUGA: Australia Benamkan Vietnam, Jepang Bangkit dari Kekalahan 

Pemimpin Klasemen

Untuk siklus Piala Dunia ketiga berturut-turut, Panama dan Meksiko bermain imbang di babak final kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf di Estadio Rommel Fernandez, dengan kedua tim bermain imbang 1-1 pada Kamis, 9 September 2021.

Dua pertandingan terakhir di stadion Panama City berakhir imbang tanpa gol, tetapi sudah jelas dari awal bahwa ada gol yang akan datang dalam kontes ini. Pemain sayap Panama melakukan gerakan untuk mendapatkan bola di kaki kirinya, tetapi tidak bisa melakukan tembakan yang cukup kuat untuk mengalahkan kiper Meksiko, Guillermo Ochoa.

Pemain sayap Meksiko Jesus “Tecatito” Corona kemudian menguji kiper Panama, Luis Mejia, dengan tembakan dari jarak jauh pada menit ke-21, namun sang kiper dapat menepisnya sehingga bola melewati mistar gawang.

Klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf.(Foto: Twitter/Concacaf)
Klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Concacaf.(Foto: Twitter/Concacaf)

Salah satu kiper harus kebobolan lebih dulu, dan Ochoa-lah yang dikalahkan pada menit ke-29. Rolando Blackburn, yang mencetak gol untuk pertandingan kualifikasi Piala Dunia kedua berturut-turut.

Di babak kedua, Meksiko menyamakan kedudukan ketika Andres Guardado dan Jesus Gallardo saling mengoper di sisi kiri sebelum Guardado memasukkan umpan silang untuk Sebastian Cordova. Tembakan awalnya memantul di tiang, tetapi Corona berada di dalam kotak dan mengukir ruang yang dibutuhkan untuk melepaskan tembakan kaki kanan ke gawang Mejia pada menit ke-76.

Kebuntuan berarti kedua tim tetap tak terkalahkan di babak final kualifikasi Piala Dunia setelah tiga pertandingan, dengan Meksiko sebagai pemimpin klasemen sementara mendapatkan tujuh poin dari pertandingan September ini dan Panama menyelesaikan dengan lima poin.

Meksiko kembali beraksi pada bulan Oktober dengan menjamu Kanada, sementara Panama melakukan perjalanan untuk menghadapi El Salvador.

(tdr/Sumber: Concacaf)