Kemenag Kota Depok Tunggu Petunjuk Teknis Pelaksanaan Umrah

Jamaah umrah (Foto: Istimewa)
Jamaah umrah (Foto: Istimewa)

DepokToday – Pemerintah Arab Saudi telah mengizinkan Indonesia melakukan ibadah umrah kembali setelah sebelumnya sempat dilarang selama kurang lebih 1 tahun karena badai pandemi COVID-19.

Kementerian Agama atau Kemenag Kota Depok mengaku sampai hari ini masih menunggu keputusan dan petunjuk teknis dari Pemerintah Pusat terkait pelaksanaan umrah.

“Kita masih nunggu keputusan dari pemerintah, katanya sih bulan November 2021 akan mulai dibuka,” kata Kasi Haji dan Umrah Kemenag Kota Depok, Hasan Basri, Senin 25 Oktober 2021.

Hasan mengatakan, saat ini ada kurang lebih 15 ribuan jemaah umrah yang masuk daftar tunggu di Kota Depok yang siap diterbangkan ke Arab Saudi.

“Waiting list sih kemarin lumayan dari Depok hampir 15 ribuan ada,” kata Hasan.

Namun, kata Hasan, sampai hari ini belum ada pengajuan dari tiap-tiap travel untuk melakukan pemberangkatan tahun ini.

“Sejauh ini belum ya, tapi pengajuan pembuatan paspor sudah banyak,” kata Hasan.

Hasan mengatakan, menurut informasi akan ada kenaikan biaya perjalanan umrah, seiring juga ada perubahan pelaksanaan perjalanan umrah ditengah pandemi COVID-19 ini.

“Jadi tahun ini kan ada karantina, penambahan biaya dibebankan kesitu,” kata Hasan.

Hasan belum tahu pasti berapa penambahan biaya itu, namun dapat diprediksi penambahan berkisar Rp 10 juta hingga Rp 15 jutaan. “Sebelum pandemi kan biayanya kurang lebih Rp 25 juta, ya paling sekarang tambah Rp 15 jutaan,” kata Hasan. (ade/*)