Kemenag Depok Targetkan Pekan Depan Berlakukan Kartu Nikah Digital

Ilustrasi pernikahan (istimewa)

DepokToday – Ditargetkan pada pekan depan, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok mulai memberlakukan kartu nikah digital. Mekanisme ini diambil sebagai bentuk kemudahan yang dihadirkan dalam pengurusan kegiatan apapun yang membutuhkan kartu nikah.

“Hal tersebut sesuai dengan Surat Ditjen Bimas Islam B-2361/Dt.III.II/PW.01/07/2021 terkait Penggunaan Kartu Nikah Digital. Kita targetkan pekan depan sudah bisa mulai dilakukan,” sebut Kepala Kemenag Kota Depok Asnawi, pada Jumat 13 Agustus 2021.

Dia menyebutkan, hingga saat ini penggunaan kartu nikah ini belum dilakukan karena pihaknya harus menghabiskan dahulu surat nikah manual yang ada di Kantor Urusan agama (KUA).

Baca Juga: [Update] Sebaran Kasus COVID-19 di Kota Depok, Jumat 13 Agustus 2021, Aktif 4.942, Meninggal 1.926, Sembuh 92.541

Sistem ini sambung dia, diambil sebagai bentuk inovasi dalam pelayanan. Nantinya, buku nikah yang ada disertai barcode. Dengan barcode yang ada, warga bisa menscan lewat handphone dan gawai lainnya untuk memunculkan data nikah.

“Tujuannya kan agar mempermudah seseorang dalam segi perjalanan kehidupan, mungkin suatu saat dia terjadi apa-apa, dijalan, ditempat kerja yang membutuhkan waktu yang cepat maka dia langsung bisa menunjukan barcode nya kemudian bisa langsung print, bahwa dia sudah menikah,” sebut dia.

Lebih lanjut kata dai, kartu nikah sebelumnya sudah ada dalam bentukan kartu seperti ATM. Kehadirannya kartu nikah digital ini dipastikan bukan menggantikan buku nikah yang ada saat ini. “Jadi ini bukan buku nikah ya. Tapi kartu nikah,” jelas dia. (lala/*)