Kelurahan Serua Berikan Pelatihan Kesehatan Masyarakat

0
47
PELATIHAN : Kasi Kemasyarakatan Kelurahan Serua, Retno Juliastuti bersama Pojka sehat memberikan pelatihan kesehatan masyarakat di Kelurahan Serua, Kecamatan Bojongsari, Rabu (21/10). (iky/Depoktoday)

SERUA – Aparatur Kelurahan Serua bersama Pokja Sehat Kelurahan Serua berusaha meningkatkan kesehatan masyarakat. Rencananya, Kelurahan Serua akan mendeklarasikan Open Defection Free (ODF) sebagai wilayah yang bersih dan sehat di Kecamatan Bojongsari maupun Kota Depok.

Kasi Kemasyarakat Kelurahan Serua, Retno Juliastuti mengatakan, pelatihan kesehatan masyarakat sebagai target pembentukan ODF. Untuk itu, Kelurahan Serua akan mengajak masyarakat untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Pelatihan yang kami berikan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” ujar Retno kepada Depok Today, Rabu (21/10).

Retno menjelaskan, masih ada masyarakat di Kelurahan Serua menggunakan jamban sebagai pembuangan air besar. Dari hasil pendataan, penggunaan jamban masih terdapat di delapan RW, yakni RW01 hingga RW07 dan WR14. Hal itu dikarenakan wilayah tersebut merupakan permukiman masyarakat.

Kedepannya, lanjut Retno, Kelurahan Serua akan menargetkan tiga RW tidak menggunakan jamban sebagai pembuangan air besar, ketiga RW tersebut meliputi RW3, RW5, dan RW7. Kelurahan Serua menargetkan 60 persen masyarakat di tiap RW sudah terbebas dari penggunaan jamban.

“Dari delapan RW, kami menargetkan tiga RW terlebih dahulu tidak menggunakan jamban,” tutup Retno. (iky)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here