Kelurahan Duren Seribu Kuatkan Kemandirian Pekka

BENTUK : Ketua TP PKK Kelurahan Duren Seribu, Ikah Kamila bersama Lurah Duren Seribu, Suhendar membentuk Pekka di kantor Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, Senin (19/10).

DURENSERIBU – Menjadikan perempuan yang mandiri dan tangguh, tengah dilakukan Kelurahan Duren Seribu, Kecamatan Bojongsari, terhadap Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Kelurahan Duren Seribu. Perempuan yang tergabung dalam Pekka dapat meningkatkan kemandirian melalui perekonomian.

Lurah Duren Seribu, Suhendar mengatakan, Pekka Kelurahan Duren Seribu merupakan perempuan yang menjadi kepala keluarga atau motor penggerak keluarga. Untuk itu, pihaknya perlu memberikan penguatan melalui perekonomian dikarenakan perempuan yang tergabung dalam Pekka merupakan tulang punggung keluarga.

“Pekka ini kan ada yang menjadi kepala keluarga karena suaminya meninggal maupun sakit, untuk itu kami ingin memberikan penguatan pada perekonomian,” ujar Suhendar, Jumat (19/10).

Suhendar menjelaskan, terdapat sembilan kelompok Pekka dari 11 RW, yakni RW01 hingga RW04, RW06 hingga RW08, RW10, dan RW11. Rencananya Pekka akan terbentuk ditiap RW di Kelurahan Duren Seribu. Setiap RW akan membentuk kembali kelompok Pekka untuk tingkat RT.

Penguatan ekonomi pada kelompok Pekka sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu. Hal itu didasarkan Pekka Kelurahan Duren Seribu merupakan ibu rumah tangga yang menggeluti usaha rumahan atau UMKM. Guna meningkatkan pemberdayaan Pekka, Pemerintah Kota Depok telah memberikan peralatan untuk usaha Pekka.

“Nantinya penguatan Pekka tidak hanya dibidang perekonomian tapi mencakup seluruh aspek,” tutup Suhendar. (iky)