Kejari Siapkan 3 Jaksa Khusus Terkait Pembunuhan Anggota TNI

Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)
Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)

DepokToday- Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok telah menerima Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan atau SPDP terkait kasus pembunuhan sadis yang menewaskan seorang anggota TNI.

Terkait hal itu, Kejari pun telah menyiapkan tiga jaksa peneliti berkas perkara terkait penyidikan tindak pidana pembunuhan dan atau penganiayaan dengan korban Yorhan Lopo (anggota TNI) dan Adam Y. Sesfao (warga sipil)

“Jaksa yang ditunjuk berdasarkan surat perintah Kepala Kejaksaan Negeri Depok yakni Alfa Dera, Adhi Prasetya Handono, dan A.B Ramdhan, yang mana ketiganya adalah jaksa yang profesional,” kata Kepala Seksi Intelijen Andi Rio Rahmat Rahmatu, Selasa 5 Oktober 2021.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Mal di Depok Boleh Dikunjungi Anak di Bawah 12 Tahun, Asal..

Ia menjelaskan, penunjukan tiga jaksa tersebut untuk mengikuti perkembangan penyidikan dan penelitian atas penyidikan tindak pidana yang disangkakan terhadap tersangka Ivan Victor Dethan alias Ivan (28 tahun).

“Saat ini kami masih menunggu penyerahan berkas hasil penyidikan yang dilakukan Penyidik Polres Metro Depok terhadap kasus tersebut. Nanti jaksa akan meneliti dan memberikan petunjuk terkait pemenuhan syarat formil dan materil atas perbuatan yang disangkakan terhadap tersangka,” katanya.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Selasa 5 Oktober 2021

Bila dianggap diperlukan, lanjut Andi menyebut, jaksa peneliti dapat memberikan petunjuk untuk dilakukan rekonstruksi terkait perbuatan yang dilakukan tersangka guna memudahkan pembuktian penuntut umum.

Kronologi Anggota TNI Dibunuh

Seorang prajurit TNI tewas dibunuh di kawasan Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Belakangan diketahui, korban ternyata berniat ingin melerai perkelahian.

Nasib nahas itu dialami Sertu Yorhan Lopo dari Satuan Menzikon Pusziad. Prajurit TNI itu meninggal karena dikeroyok gerombolan pria yang ribut lantaran insiden motor di wilayah Cimanggis, Depok. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini: Kronologi Lengkap Prajurit TNI Dibunuh di Depok: Ditusuk, Dilempar Batu