Kejari Depok Vaksinasi 400 Warga, Sasarannya Mulai dari Anak 12 Tahun

Kajari Depok saat menemami peserta vaksin. (Istimewa)
Kajari Depok saat menemami peserta vaksin. (Istimewa)

DEPOK – Memperingati hari Bhakti Adhyaksa ke-61, dan juga mendukung program mempercepat pemberian vaksin, Kepala Kejaksaan Negeri atau Kejari Kota Depok melaksanakan vaksinasi kepada 400 orang selama dua hari.

Kegiatan ini menurut Kejari Kota Depok Sri Kuncoro, merupakan partisipasi dan kontribusi yang dilakukan pihaknya untuk mengatasi pandemi saat ini.

Kegiatan vaksinasi Kejari Depok ini dilaksanakan selama dua hari, dimana setiap harinya adanya 200 warga yang menerima vaksin jenis Sinovac itu.

“Rencananya kegiatan vaksinasi ini tidak hanya dilaksanakan pada hari ini tetapi juga besok hari Jumat dengan jumlah peserta rencananya 400 orang. Peserta yang kita vaksinasi hari ini masyarakat sekitar kantor dan juga ada beberapa pegawai maupun keluarga pegawai yang kemarin belum sempat mendapatkan vaksin,” sebut disela kegiatan vaksinasi, Kamis 15 Juli 2021.

Pemberian vaksin dari pihaknya ini, kata Sri Kuncoro, juga dapat dilakukan kepada anak berusia 12 tahun hingga 17 tahun.

“Sesuai aturan pemerintah kan sekarang masyarakat di atas 12 tahun sudah bisa dilakukan vaksinasi. Kebetulan tadi pagi sudah ada yang anak SMP umur 13. Kita belum lihat yang manula,” jelas dia.

Antusias Ikut Vaksinasi Kejari Depok

Baca juga: Pemkot Depok Tidak Punya Data Pasien Isoman Meninggal di Rumah

Pada hari pertama penyelenggaraan kegiatan ini sebut dia, masyarakat cukup antusias. Hal itu dapat terlihat dari kuota pemberian vaksin yang harus ditambah karena banyaknya peminat.

“Awalnya koordinasi dengan dinas kesehatan ada kuota 300. Ketika kita umumkan walau terbatas itu antusiasme yang luar biasa bahkan sudah lebih dari 300 tapi karena keterbatasan fasilitas, karena kita tidak bisa mengadakan vaksin sendiri. Kita akan koordinasikan lagi mungkin di waktu lain kita bisa menyelenggarakan untuk jumlah yang lebih banyak lagi,” ungkap dia.

Sesuai dengan aturan yang ada, pemberian vaksin yang kedua akan kembali dilaksanakan 28 hari setelahnya. Mereka yang telah mendapat vaksin hari ini, akan menerima undangan untuk melaksanakan vaksinasi tahap kedua.

“Sesuai aturan yang dilakukan pemerintah terkait vaksin, beda dengan yang awal. Yang awal jarak vaksin satu dan dua, 14 hari. Kalau ini 28 hari. jadi 28 hari lagi kita akan menyelenggarakan lagi untuk yang sudah vaksin hari ini dan besok akan vaksin lagi di kloter kedua,” jelas dia. (lala/*)