Kejari Depok Terima Laporan Soal Dugaan Penipuan PPDB, Ini Pelakunya

Kasi Intel Kejari Depok, Herlangga mengaku pihaknya telah merampungkan puldata dan pulbaket terkait dugaan korupsi pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. (DepokToday.com)
Kasi Intel Kejari Depok, Herlangga mengaku pihaknya telah merampungkan puldata dan pulbaket terkait dugaan korupsi pada Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Kasi Intelijen Kejari Depok, Herlangga Wisnu Murdianto mengakui, pihaknya telah mendapat aduan atau laporan dari orang tua siswa terkait dugaan penipuan soal penerimaan peserta didik baru atau PPDB.

Ia menegaskan, terduga pelaku yang dilaporkan bukan dari kalangan Dinas Pendidikan, Kantor Cabang Disdik (KCD) ataupun sekolah.

“Kejaksaan menerima laporan-laporan dari orang tua siswa yang mengadu bahwa ada pihak-pihal di luar dari dinas pendidikan ataupun KCD serta pihak sekolah. Mereka (pelaku) seolah-olah bisa menawarkan jasa untuk memasukan murid dengan sejumlah imbalan tertentu,” jelasnya dikutip pada Selasa 3 Agustus 2021.

Meski tidak membeberkan secara detail siapa orang yang dimaksud namun Herlangga menyebut, pelaku sudah menerima uang dari korbannya.

“Namun kenyataannya anak murid tersebut tidak masuk. Pihak ketiga tersebut sudah menerima uang,” ujarnya.

Terkait hal itu, Herlangga berjanji, pihaknya selaku instansi penegak hukum akan menelusuri laporan dari orang tua murid ini.

“Apabila ada indikasi penipuan dari pihak-pihak tertentu di luar sekolah maka akan dilimpahkan ke Kepolisian,” tegasnya.

“Namun apabila ada indikasi gratifikasi (suap) akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut,” sambungnya lagi.

Waspada Pencatutan Institusi Kejari Depok

Lebih lanjut Herlangga menegaskan, Kejari Depok tidak pernah melakukan intervensi apapun, mengenai kebijakan dari Disdik ataupun sekolah, apalagi meminta jatah ataupun titipan untuk masuk sekolah negeri.

“Kejaksaan percaya bahwa Disdik dan sekolah profesional menangani hal tersebut tanpa intervensi,” katanya.

Sekolah online di Kejaksaan Negeri Depok.(DepokToday.com)
Sekolah online di Kejaksaan Negeri Depok.(DepokToday.com)

Ia menambahkan, pihak Intel Kejari Depok pernah melakukan audiensi dengan KCD pada Maret 2021, lalu.

“Saat audiensi tersebut saya pribadi selaku Kasi Intel memberikan masukan kepada teman-teman KCD agar mewaspadai dan melaporkan pihak-pihak yang mengaku dari Kejaksaan untuk kepentingan pribadi,” tuturnya.

Baca Juga: Haris Azhar Sebut Kasus Donasi Keluarga Akidi Tio Kebodohan Pemerintah

Kejari Depok berharap, Disdik dan KCD memberikan laporan apabila ada yang membawa nama instansi Kejaksaan terkait PPDB atau pun hal lainnya.

“Kejaksaan intinya mendukung semua kebijakan dengan profesional dan proporsional.” (rul/*)