Kejari Depok Bakal Jerat Pembunuh TNI dengan 3 Pasal Ini  

Jaksa periksa tersangka pembunuh TNI di Depok. (DepokToday.com)
Jaksa periksa tersangka pembunuh TNI di Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Jaksa Penuntut Umum (JPU) akhirnya menyatakan berkas perkara Ivan Viktor Dehan, tersangka kasus pembunuhan anggota TNI di Depok telah lengkap atau P21. Itu artinya, tak lama lagi pemuda 28 tahun tersebut bakal menjalani persidangan.

Terkait hal itu, Kejari Depok pun telah menunjuk tiga JPU untuk menangani perkara tersebut. Mereka adalah Alfa Dera, Adhi Prasetya Handono, dan A.B Ramdhan. Ini sesuai dengan perintah Kepala Kejaksaan Negeri Depok atau Surat Perintah Nomor Print-2682/M.2.20.3/Eoh.2.

“Selanjutnya tersangka tersebut sudah kami lakukan penahanan di rumah tahanan negara untuk dua puluh hari kedepan dan akan segera dilimpahkan ke Pengadilan Negeri Depok untuk menjalani proses penuntuta,” kata Kasi Intel Kejari Depok, Andi Rio Rahmat, Senin 21 November 2021.

Dakwaan Kejari

JPU, lanjut Andi, telah menyatakan berkas perkara yang telah ditangani penyidik Satreskrim Polres Metro Depok terkait pembunuhan anggota TNI, Serma Yorhan Lopo dan penusukan satu warga sipil atas nama Adam telah lengkap (P21), baik secara formil maupun materil.

Baca Juga: Lagi, Kobra Jawa Ditemukan di Rumah, Warga Depok Wajib Waspada

Atas ulahnya itu, Ivan Viktor Dethan (28 tahun) akan didakwa ke pengadilan dengan tiga pasal, yakni Pasal 338 KUHP subsider Pasal 351 ayat 3 KUHP dan Pasal 351 ayat 1 KUHP.

“Berkas perkara telah diserahkan kepada jaksa peneliti Kejari Depok beserta barang bukti pisau yang digunakan untuk melakukan perbuatannya,” jelas Andi.

Kronologi TNI Dibunuh di Depok

Seorang prajurit TNI tewas dibunuh di kawasan Patoembak, Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis, Depok. Belakangan diketahui, korban ternyata berniat ingin melerai perkelahian.

Nasib nahas itu dialami Sertu Yorhan Lopo dari Satuan Menzikon Pusziad. Prajurit TNI itu meninggal karena dikeroyok gerombolan pria yang ribut lantaran insiden motor di wilayah Cimanggis, Depok.

Baca Juga: Begini Kronologi Eks Jenderal Intelijen Dikerjai Mafia Tanah Depok

Rupanya, pelaku juga melukai seorang warga sipil bernama Adam Sefao. Ia mengalami luka tusuk pada bagian paha.

Data yang dihimpun menyebutkan, aksi brutal itu berawal dari teguran Adam pada pengendara motor bernama Majer, yang mengendarai motornya dengan kencang sekira pukul 19:00 WIB pada Rabu, 22 September 2021.

Baca Juga: Bisa Obati Pecandu Narkoba, Ini Manfaat Mandi Hujan untuk Kesehatan

Korban Adam menegur Majer untuk tidak ugal-ugalan. Namun rupanya Majer tak terima dengan teguran tersebut, dan menyerang Adam dengan menggunakan pisau. Duel itu pun terjadi.

“Korban (Adam) sempat menghindar dengan menendang muka pelaku, terus senjata tajamnya mengenai celana korban (robek),” sebut pesan berantai yang beredar di awak media pada Jumat 24 September 2021. (rul/*)

Baca selengkapnya di sini:  Kronologi Lengkap Prajurit TNI Dibunuh di Depok: Ditusuk, Dilempar Batu