Kejar Target, Pemkot Depok Selenggarakan Gebyar Vaksinasi Keempat

Warga yang mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dalam Gebyar Vaksinasi RW02 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Sabtu 11 September 2021. FOTO: Depoktoday.com
Warga yang mengantre untuk mendapatkan vaksin COVID-19 dalam Gebyar Vaksinasi RW02 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Sabtu 11 September 2021. FOTO: Depoktoday.com

DepokToday – Pemerintah kota menargetkan, pada awal Oktober 2021, capaian vaksinasi di Depok bisa mencapai 70 persen hanya untuk dosis pertama. Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok, Supian Suri.

Supian mengatakan, sebagai upaya mencapai target itu, pemerintah berencana menggelar lagi gebyar vaksinasi batch keempat yang digelar pada pada Sabtu 18 hingga Senin 20 September mendatang.

“Kelanjutan gebyar vaksinasi COVID-19 ini berdasarkan hasil evaluasi Pemerintah Pusat bahwa percepatan vaksinasi di Kota Depok harus terus dilakukan,” kata Supian, Jumat 17 September 2021.

Supian mengatakan, pada gebyar kali ini, pemerintah menargetkan 66.000 warga bisa dirvaksin dengan target per harinya 2.000 orang setiap kecamatan.

“Target di Kota Depok 70 persen untuk vaksin dosis pertama harus tercapai hingga 1 Oktober mendatang. Oleh karena itu, gebyar vaksinasi di 11 kecamatan perlu dilanjutkan,” katanya.

Baca Juga: Vaksinasi di Depok Sudah 50 Persen, Dinkes: Desember 100 Persen

Sama seperti gebyar vaksinasi pertama hingga ketiga, pada batch keempat ini, peserta menyasar warga diatas usia 12 tahun ke atas dengan menggunakan vaksin buatan Sinovac Biotech Ltd.

Adapun peserta yang bisa mengikuti gebyar ini, merupakan warga yang sudah terdata di wilayah setempat. Tentunya yang memiliki KTP Kota Depok atau menyertakan keterangan domisili.

“Peserta yang mengikuti gebyar ini dikoordinir oleh wilayah setempat. Jika ada yang datang langsung tentu sesuai SOP (Standar Operasional Prosedur) dari panitia di kecamatan,” kata Supian.

Supian pun berharap gebyar ini dapat optimal dalam menambah cakupan vaksin. Selain juga menciptakan Herd Immunity sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

“Semoga sinergisitas Satgas COVID-19, ASN, perangkat daerah terkait, tenaga kesehatan, TNI-Polri dalam mendukung gebyar ini dapat terus terjalin. Serta bisa mencapai herd immunity di Kota Depok,” katanya. (ade/*)