Kejaksaan Depok Terima SPDP Penusukan Anggota TNI, Tiga Jaksa Profesional Ditunjuk

Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)
Tersangka pembunuh anggota TNI di Depok (DepokToday.com)

DepokToday – Peristiwa penusukan anggota TNI beberapa hari lalu di Kelurahan Harjamukti, Kecamatan Cimanggis telah masuk ke Kejaksaan Negeri Depok. Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) kasus tersebut telah diterima Korps Adhyaksa itu.

“Kejaksaan Negeri Depok telah Depok menunjuk tiga Jaksa Peneliti Berkas Perkara (P16) dengan diterimanya SPDP dari Penyidik Polres Metro Kota Depok,” kata Kasi Intel Kejaksaan Negeri Depok, Andi Rio Rahmat melalui keterangan resminya, Jumat 1 Oktober 2021.

Andi mengatakan, penunjukkan tiga Jaksa ini untuk mengikuti perkembangan penyidikan dan penelitian atas tindak pidana yang disangkakan terhadap tersangka Ivan Victor Dethan alias Ivan (28 tahun).

“Jaksa yang ditunjuk berdasarkan surat Perintah Kepala Kejaksaan Negeri Depok adalah Alfa Dera, Adhi Prasetya Handono, dan A.B Ramdhan, S.H yang mana ketiganya tersebut adalah Jaksa yang profesional,” kata Andi.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Prajurit TNI Dibunuh di Depok: Ditusuk, Dilempar Batu

Saat ini, Andi mengatakan, pihaknya masih menunggu penyerahan berkas hasil penyidikan yang dilakukan Penyidik Polres Metro Depok terhadap kasus penusukan anggota TNI tersebut, untuk nantinya Jaksa akan meneliti dan memberikan petunjuk terkait pemenuhan syarat formil dan materil atas perbuatan yang disangkakan terhadap Tersangka.

“Bahkan bila dianggap diperlukan oleh jaksa peneliti untuk kepentingan pembuktian dapat memberikan petunjuk untuk dilakukan Rekonstruksi terkait perbuatan yang dilakukan Tersangka guna memudahkan pembuktian penuntut umum.” pungkas Andi.

Nasib nahas itu dialami Sertu Yorhan Lopo dari Satuan Menzikon Pusziad. Prajurit TNI itu meninggal karena dikeroyok gerombolan pria yang ribut lantaran insiden motor di wilayah Cimanggis, Depok.

Kejadiannya pada Rabu 22 September 2021 malam. Yorhan saat itu hanya berniat ingin melerai perkelahian.

Namun para pria yang berkelahi malah menyerang Yorhan dengan cara dikeroyok, dan salah seorang yang membawa pisau lipat menusuk pula tubuh Yohan.

Pelaku penusukan diketahui bernama Ivan Victor (28). Ivan dibekuk di kawasan Jakarta Selatan selang beberapa jam setelah jasad korban ditemukan. Atas perbuatannya itu, pemuda 28 tahun tersebut bakal dijerat Pasal 338 atau 351 KUHP ancaman 15 tahun penjara. (ade/*)