Kegiatan Ini Dilakukan SMP Lazuardi Al-Falah Selama Ramadan

Pembagian sembako dari SMP Lazuardi Al-Falah kepada warga di bulan suci Ramadan. (Foto: Istimewa)
Pembagian sembako dari SMP Lazuardi Al-Falah kepada warga di bulan suci Ramadan. (Foto: Istimewa)

MARGONDA—SMP Lazuardi Al-Falah yang berlokasi di Jalan Margonda, Kelurahan Kemirimuka, Kecamatan Beji, mengisi bulan suci Ramadan 1442 Hijriah dengan berbagai kegiatan.

Meski dalam kondisi pandemi COVID-19, pembelajaran dan kegiatan positif selama Ramadan tidak terhenti karena diselenggarakan secara virtual serta memanfaatkan sosial media.

“Kita jadikan ini sebagai momen resolusi Ramadan yaitu menjalankan satu perbuatan baik dengan konsisten. Jadi siswa ini komitmen berbuat baik misalnya baca Alquran setiap hari di bulan Ramadan. Baca Alquran ini akan terus-menerus dilakukan sampai ketemu Ramadan berikutnya,” ujar Kepala SMP Lazuardi Al-Falah, Irma Nurul Fatimah, kepada wartawan seusai acara pembagian sembako, Rabu 5 Mei 2021.

SMP Lazuardi Al-Falah
Penyerahan sembako. (Foto: Istimewa)

Irma mengungkapkan, mengawali ramadan siswa konsisten berbuat baik dan komitmen pada diri sendiri. Menurutnya, salah satu harapannya adalah bisa menjadi teladan dalam mempraktekan kegiatan baik.

“Konsepnya adalah pembentukan karakter dan akhlak yang baik di bulan ramadan. Akarnya berasal dari cinta dan kasih sayang pada sesama,” paparnya.

Selain itu, selama bulan Ramadan ini banyak kegiatan yang dilakukan seperti workshop science, Islami, seni dan lainnya yang melibatkan siswa secara aktif secara virtual.

Kemudian ada tausiyah agama, lomba baca kisah Islami, cerdas cermat, dialog bersama mahasiswa dari Mesir dilakukan secara daring.

“Sedari dini kita tanamkan karakter dan pembiasaan dalam berbuat baik. Seperti berbagi kebahagiaan kepada sesama yang saat ini dibagikan kepada para warga sekitar dan lainnya,” paparnya.

Sementara itu, salah satu panitia penyelenggara berbagi sembako, Indah Noor Palupi, mengakui program ini rutin diselenggarakan.

Diungkap dia, pembagian sembako dikhususkan bagi warga sekitar, para ustaz, pesantren di Depok, pengojek online langganan siswa.

“Alhamdulillah, untuk saat ini pengumpulan sembako senilai Rp52 juta yang berasal dari SMP Lazuardi, LIA, staf yayasan, siswa, dan pihak lainnya. Semoga bisa memberikan manfaat dan sedikit kebahagiaan di bulan puasa di tengah pandemi ini,” harap Indah.

Laporan Wartawan: Ahmad