Kedua Kalinya, PT PJR dan Pedagang Semprotkan Disinfektan di Pasar Kemirimuka

Pedagang menyemprotkan disinfektan di salah satu kios Pasar Kemirimuka.(DepokToday/Hen)

KEMIRIMUKA-Untuk kali kedua, PT Petamburan Jaya Raya atau PJR bersama Perkumpulan Pedagang Pasar Tradisional Margonda Depok (PPTMD) melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Kemirimuka, Kamis (28/5/2020).

Memanfaatkan libur Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, PJR selaku Developer Pasar Kemirimuka bersama pedagang menyemprotkan cairan anti kuman/bakteri/virus itu ke setiap sudut pasar.

Ketua PPTMD, Yaya Barhaya, mengatakan ini sebagai langkah memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di lingkungan Pasar Kemirimuka.

“Dua hingga satu hari menjelang menjelang Hari Raya Idul Fitri pengunjung di Pasar Kemirimuka dikatakan melonjak tajam,” katanya.

Yaya menambahkan, penyemprotan cairan disenfektan merupakan kedua kalinya dilakukan PT Petamburan Jaya Raya dan besar kemungkinan akan tetap dilakukan.

“Penyemprotan tetap dilaksanakan karena setiap harinya pasar Kemirimuka selalu dikunjungi warga dari berbagai lokasi untuk berbelanja,” ucapnya.

“Penyemprotan ini dilakukan demi kenyamanan masyarakat, terutama pedagang dan pembeli yang melakukan transaksi di pasar,” tambah Yaya.

Dia tak memungkiri, interaksi pasar tradisional sangat tinggi sehingga potensi penyebaran virus juga lebih besar.

Karena itu, pihaknya melakukan berbagai upaya pencegahan virus selain menyemprotkan cairan disinfektan.

Sejauh ini belum ada temuan kasus positif akibat penularan di pasar tradisional Pasar Kemirimuka.

Hasil Rapid Tes beberapa waktu lalu oleh Puskesmas Kemirimuka hasilnya negatif. Akan tetapi pihaknya tetap menjaga lingkungan pasar ini bebas dari serangan virus Covid 19.

“Makanya perlu kita jaga jangan sampai terjadi virus Covid-19 di lingkungan Pasar Kemirimuka,” ucapnya.

Diakuinya, antisipasi harus dilakukan demi menjaga pasar tradisional dari aspek kesehatan salah satunya menyediakan tempat cuci air tangan dan masker yang sudah diberikan oleh PT Petamburan Jaya Raya.

“Kita sampaikan jika ini bukan melulu soal rejeki tapi juga harus ada protokol kesehatan. Semoga kita semua sehat dan rejeki pun kita dapat. Kesadaran dari pedagang ini yang sangat diharapkan,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan hand sanitizer yang bisa dimanfaatkan pengunjung untuk mensterilkan tangannya dari kuman, bakteri maupun virus.

“Upaya ini kami lakukan dengan harapan pengunjung yang datang dapat dinyatakan terbebas atau tidak membawa virus corona ke pasar,” tandas Yaya.

(hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here