Kedatangan 300 Paket Obat, Kodim 0508/Depok Siap Distribusikan ke Pasien Isoman, Begini Alurnya

300 obat gratis untuk pasien isoman siap dibagikan Kodim Depok. (DepokToday.com)
300 obat gratis untuk pasien isoman siap dibagikan Kodim Depok. (DepokToday.com)

DEPOK – Kodim 0508/Depok kedatangan 300 paket obat dari Kesdam Jaya yang akan dibagikan ke pasien COVID-19 Kota Depok yang menjalani isolasi mandiri atau isoman.

Mayor ARH Setiono, Pasi Ops Kodim 0508/Depok mengatakan, setelah 300 paket obat ini datang, pihaknya telah menginstruksikan Babinsa di setiap wilayah untuk menyalurkan obat lewat mekanisme yang sudah diatur.

“Kemudian hari ini dijelaskan kepada Babinsa untuk menjelaskan mekanisme penerimaan penyaluran pendistribusian ke masing-masinh warga yang sudah dinyatakan isoman,” jelas dia.

Kodim 0508/Depok (DepokToday.com)
Kodim 0508/Depok (DepokToday.com)

Dia menyebutkan, penyaluran obat kepada warga positif COVID-19 yang isoman dilakukan berdasarkan data yang telah ada. Data ini didapat dari setiap Puskesmas dan diberikan ke setiap Koramil. Nantinya Koramil lewat Babinsa yang akan mendistribusikan ke pasien.

“Data itu didapat setiap harinya sekitar pukul 14:00 WIB. Kemudian data itu kita sebarkan ke masing-masiny Koramil untuk mendata, mencari, memilih warganya yang isoman hari ini. Setelah itu, besok paginya atau sorenya langsung didistrisbusikan obat sesuai dengan paketnya masing-masing,” papar dia.

Baca juga: Sah, Singkirkan Tujuh Pejabat, Supian Suri Dilantik Jadi Sekda Depok

Pemberian obat disesuaikan dengan informasi gejala pasien. Ada tiga jenis paket yang dibagikan. Pihak Puskesmas atau Dinkes juga memberikan informasi tentang jenis paket obat mana yang akan diberikan ke pasien isoman tersebut.

” Data yang dikeluarkan Dinkes Kota Depok sudah terdapat nama alamat kemudian hasil dari pemantauan atau keputusan dari masing-masing puskesmas. Ada paket satu sampai tiga tadi,” ucap dia.

Pasukan Kodim 0508/Depok bagikan 300 paket obat untuk pasien isoman (DepokToday.com)
Pasukan Kodim 0508/Depok bagikan 300 paket obat untuk pasien isoman (DepokToday.com)

Dia memaparkan, paket satu diberikan kepada pasien tanpa gejala, sedang paket obat kedua diberikan kepada pasien isoman yang memiliki gejala batuk dan pilek. “Untuk paket tiga, gejalanya selain flu, pilek, batu, disertai demam dan gangguan tenggorokan. Jumlahnya 300 paket,” tukas dia. (lala/*)