Kebiasaan Sederhana Ini Bantu Bikin Perut Menjadi Rata Lebih Cepat

Ilustrasi perut rata. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi perut rata. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Usaha yang keras dibutuhkan untuk mendapat perut rata. Nah bagi seseorang yang memiliki perut gendut atau buncit, latihan dan memulai mengatur pola makan jadi keharusan tersendiri.

Tentunya ada yang bisa mencoba dengan diet ketat dan juga berolah raga. Namun, tidak semua orang punya waktu luang untuk berolahraga yang cukup. Melansir dari kompas.com,

Terdapat sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu perut rata. Tentu akan lebih baik jika diimbangi dengan melakukan latihan olahraga secara rutin.

Tingkatkan asupan air

Meskipun kita mungkin sudah tahu bahwa minum air dalam jumlah yang cukup baik untuk kesehatan, para ahli mengatakan bahwa kebiasaan ini membantu membuat perut rata.

“Minum air sebanyak setengah berat badan Anda dalam ons air setiap harinya,” ujar Samantha McKinney, RD, CPT, ahli diet terdaftar dan pelatih pribadi di Life Time.

Baca Juga: Hujan Hampir Seharian, Banjir Kepung Kota Depok

“Air tidak hanya menghidrasi, mendetoksifikasi, dan meningkatkan energi, tetapi juga membantu Anda membatasi asupan soda pop, kopi manis, dan minuman manis lainnya secara alami,” tambahnya.

Walau begitu, jika kamu mengidap penyakit tertentu, sebaiknya konsultasikan pada dokter tentang jumlah asupan air yang tepat.

Konsumsi protein untuk perut rata

Meningkatkan asupan protein rupanya tidak hanya membuat kenyang lebih lama, namun dapat mempermudah kita mendapatkan perut rata yang selama ini kita idam-idamkan. Kita hanya perlu mengganti makanan yang kurang menyehatkan dengan yang lebih baik.

McKinney menyarankan agar kita mengonsumsi satu gram protein per pon berat badan ideal sepanjang harinya dari makanan dan camilan yang kita makan.

“Mendapatkan cukup protein secara alami membantu menstabilkan gula darah dan insulin serta membantu membunuh keinginan untuk makan makanan olahan karena sangat mengenyangkan,” ujarnya.

Mungkin, kita sudah mengonsumsi cukup banyak sayuran. Namun, McKinney berpendapat bahwa untuk mendapatkan perut rata dan membentuknya, kita mungkin perlu meningkatkan asupan sayuran secara signifikan.

Baca Juga: Banjir Hingga Longsor Melanda Depok, Banyak Warga Terjebak

Porsi yang dianjurkan adalah lima hingga tujuh cangkir sayuran non-tepung setiap harinya.

“Sayuran menawarkan berbagai vitamin, mineral, dan fitonutrien, sekaligus memberikan serat penghilang rasa lapar yang membantu menyeimbangkan hormon dan mengatur nafsu makan Anda,” jelas McKinney.

Makan perlahan

Saat sibuk, terkadang kita berusaha melahap makanan dengan cepat. Padahal, meluangkan lebih banyak waktu untuk menikmati makanan dapat membantu kita meratakan perut.

“Ada dua penyebab utama gas dan kembung: menelan udara dan karbohidrat,” jelas Trista Best, MPH, RD, LD, ahli diet terdaftar di Balance One Supplements.

“Makan terlalu cepat dapat menyebabkan Anda menelan lebih banyak udara dari biasanya dan menyebabkan kembung,” tambahnya. (lala/*)