Ke Gunadarma Depok, Menko PMK Pastikan Dana Haji Aman

Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan dana haji aman di Gundar, Depok, (Depoktoday.com)
Menko PMK Muhadjir Effendy menyampaikan dana haji aman di Gundar, Depok, (Depoktoday.com)

DEPOK – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan atau Menko PMK Muhadjir Effendy meminta masyarakat tidak khawatir terhadap dana haji. Sebab saat ini dia pastikan aman.

Hal itu dia sampaikan usai mendatangi wisuda online Universitas Gunadarma, Depok, Sabut 6 Juni 2021.

Menurut dia, seluruh dana calon jamaah haji yang tahun ini kembali tidak bisa berangkat masih aman dan disimpan oleh Badan Pengelola Dana Haji (BKBH).

“Saya pastikan bahwa semua dana haji itu aman, karena dikelola oleh  badan yang independen badan pengelola dana haji atau BKBH yang itu adalah lembaga independen dan diinvestasikan di sektor yang aman resiko,” jelas dia.

Menurut dia, semua dana jamaah haji masih disimpan pada mekanisme di bank syariah sesuai dengan standar tabungan haji yang harus dikelola secara syariah.

“Yang sudah menyimpan dana haji itu juga mendapat kemanfaatan,” sebut dia.

Kemudian dana diinvestasikan sehingga ada manfaatnya keuntungannya yang itu juga diberikan kepada mereka jamaah yang belum berangkat.

Muhadjir Pastikan Sendiri

Baca juga:Tentang Ibadah Haji, Kemenag Depok Berpegang Keputusan Pusat

Dirinya sendiri telah bertemu denga pihak Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk memastikan dana haji ini aman.

“Jadi badan pengelola diawasi  badan pengawas, badan pegawas diawasi oleh  kementerian terkait termasuk teknis Kemenag dan Kemenko PMK,” jelas dia.

Selain itu, dana juga diawasi oleh BPK dan juga DPR RI. “Jadi memang pengawasannya berlapis lapis,” kata Muhadjir. (lala/*)