Kata Relawan Covid-19, Indonesia Belum Siap Lockdown

0
143
Seorang relawan penanganan Covid-19 menyemprotkan disinfektan di kawasan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.(DepokToday/Ale)

MARGONDA-Ketua Relawan Penanganan Virus Covid-19, Fajar Putranto, punya pandangan jika pemerintah melakukan lockdown area atau karantina agar virus Corona tak meluas.

“Kami rasa Indonesia belum tepat dilakukan lockdown. Itu (lockdown-red) bisa dilakukan negara kaya,” ujarnya kepada pewarta di kawasan Margonda, Senin (30/3/2020).

Dia mengambil contoh, kebijakan lockdown di India yang malah menimbulkan masalah seorang warganya tewas usai dipukul petugas saat keluar rumah untuk membeli susu anaknya.

“Jika dilakukan lockdown, masyarakat yang rezekinya mengandalkan upah harian bisa terganggu. Disinilah menjadi permasalahan baru,” ucap Fajar.

Dia mengatakan, salah satu pemutusan mata rantai pencegahan virus dengan membatasi ruang gerak warga untuk berpergian adalah langkah yang tepat.

“Belajar bisa dilakukan dari rumah ke guru lewat smartphone agar tidak keluar rumah. Jangan keluar rumah kalau tidak perlu banget,” imbuhnya.

Fajar mengajak kepada segenap rakyat untuk tetap tenang dan tidak panik, namun tetap hati hati dan waspada.

“Kita harus yakin kepada pemerintah, dalam usaha usaha mengendalikan virus Corona ini. Tapi pemerintah Kota Depok perlu segera mensolialisasikan soal ini dan soal pencegahan Corona,'” jelasnya.

Menurutnya, sudah saatnya membangkitkan kesadaran masyarakat untuk bergotong royong menghadapi musuh bersama yang namanya Corona.

“Jika langkah serentak ini dilakukan oleh seluruh masyarakat dan dipimpin oleh pemerintah, saya yakin kita akan berhasil terhindar dari virus Corona, sehingga langkah untuk mengisolasi atau lockdown tidak perlu dilakukan,” jelasnya.

(hen)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here