Kasus Kematian Melonjak, Pemkot Sediakan Alat Berat di TPU

Angka Kematian yang melonjak membuat Pemkot menyediakan alat berat di TPU yang ada di kawasan Tapos. (Istimewa)
Angka kematian yang melonjak membuat Pemkot menyediakan alat berat di TPU yang ada di kawasan Tapos. (Istimewa)

DEPOK – Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono mengatakan, kasus penambahan COVID-19 yang tinggi membuat angka kematian yang ikut melonjak.

Hal itu dapat terlihat saat Imam berbincang dengan sejumlah penggali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tapos, pada Rabu 30 Juni lalu.

Menurut Imam, penambahan kasus kematian ini membuat penggali kubur harus bekerja ekstra keras, sebab, sudah beberapa hari ini harus menggali sampai 40 liang kubur.

Baca juga: Dokumentasi Rahasia PPKM Darurat Bocor, Ini Isinya

“Menginformasikan kepada masyarakat dalam beberapa hari ini para penggali kubur mendapat order yang lumayan melelahkan mereka. Yang biasanya satu sampai lima atau bahkan sepuluh, sekarang sampai 40 galian yang harus mereka lakukan,” sebut dia dilansir Kamis 1 Juli 2020.

Dengan kasus kematian yang melonjak hingga menyebabkan banyaknya liang yang harus mereka kerjakan, tentu tidak sesuai dengan kemampuan dan jumlah penggali kubur di TPU yang mayoritas saat ini diperuntukan untuk pasien COVID itu.

Pemkot Sediakan Alat Berat

Pemkot Depok kata dia, mencoba untuk meringankan pekerjaan penggali liang kubur dengan cara menyediakan alat berat Spider Mini di TPU tersebut.

“Alhamdulillah sangat terbantu sekali dengan alat yang dipinjamkan oleh dinas pupr kota Depok. Tapi tetap mereka sebagai penggali kubur, petugas pemulasaraan dan supir ambulance. Dengan kondisi COVID ini mereka bekerja dari pagi hingga larut malam,” jelas dia.

Dalam kunjungan itu, Imam juga memberikan dukungan kepada para petugas penggali kubur dan lainnya. Hal itu dilakukan agar mereka tetap bersemangat dalam bekerja.

“Kami juga sebagai pimpinan bisa memberikan tambahan honor agar sesuai dengan pengorbanan dari mulai pagi siang dan malam, bahkan terik matahari dan hujan mereka tetap bekerja di sana. Kita doakan mereka sehat selalu,” sebut dia.

“Semoga diberi keberkahan. Untuk warga Depok yang ingin memberikan apresiasi bisa memberikan bantuan kepada mereka,” tambah Imam. (lala/*)