Kasus COVID-19 Menurun, Pemerintah Tutup Tempat Karantina Wisma Makara UI

Wali Kota Depok Mohammad Idtis saat menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis Wisma Makara UI. (Foto: Istimewa)
Wali Kota Depok Mohammad Idtis saat menyampaikan apresiasi kepada tenaga medis Wisma Makara UI. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Kasus COVID-19 Kota Depok yang kian menurun membuat pemerintah kota menutup Wisma Makara Universitas Indonesia (UI) yang sebelumnya digunakan untuk menampung pasien COVID berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

Penutupan secara resmi dilakukan oleh Wali Kota Depok Mohammad Idris pada Selasa 19 Oktober 2021.

“Alhamdulillah. Kondisi sudah menurun namun tetap harus mengantisipasi dengan menjaga kesehatan, memakai masker dan cuci tangan agar penyebaran COVID-19 tidak lagi terjadi seperti setahun atau enam bulan lalu, ” terang Idris didampingi Sakda Depok Supian Suri dan Kepala Damkar Depok Gandara Budiana

Dalam kesempatan itu, Pemkot Depok juga melepas puluhan tenaga kesehatan (Nakes) yang telah memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat di tempat karantina pasien COVID-19 itu.

Dirinya mengapresiasi pengabdian dan pengorbanan para Nakes di tempat karantina itu yang meliputi enam orang dokter, sepuluh perawat, sepuluh orang relawan administrasi, sepuluh orang relawan Disenfiksi dan satu orang pengemudi.

Baca Juga: Rachel Bantah Karantina di Wisma Atlet, Netizen: Nggak Bisa Dibohongi

Kerja mereka sangat luar biasa dan berjasa dalam memberikan pelayanan serta pengobatan kepada masyarakat Kota Depok yang terpapar COVID-19 beberapa waktu lalu.

“Terima kasih banyak atas jasa dan tugas puluhan para Nakes yang berjuang selama 24 jam memberikan pelayanan kesehatan ke masyarakat di Wisma Makara UI Depok,” jelas dia.

Menurut dia, keberadaan puluhan orang Nakes di Wisma Makara UI Depok ternyata sangat besar membantu kesehatan masyarakat. “Bahkan kurun waktu mulai 29 Nopber 2020 hingga awal Oktober 2021 tercatat merawat 3.285 orang, pasien isolasi 3.194 orang dan 91 orang pasien dirujuk, ” ujarnya.

Dengan melayani ribuan warga yang terkena COVID-19, imbuh dia, Wisma Makara UI Depok mendapatkan apresiasi dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil sebagai tempat karantina terbaik se Jawa Barat. (lala/*)