Kasus COVID-19 di 5 Negara Ini Nihil, Begini Cara Mereka Antisipasi

Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)
Ilustrasi hejala Covid hilangnya penciuman. (Istimewa)

DepokToday – Di Indonesia, jumlah kasus COVID-19 berkurang saat ini, namun, tidak bagi beberapa negara lainnya yang malah mengalami peningkatan.

Sejak awal kemunculannya, jumlah kasus Covid-19 telah melampaui lebih dari 200 juta kasus dan 4,5 juta kematian. Hal ini juga disebabkan oleh varian delta yang dikenal lebih menular.

Melansir dari Suara.com, sejumlah negara ini memiliki prestasi gemilang karena warganya sama sekali tidak tertular virus asal China tersebut.

Berikut lima negara yang belum pernah melaporkan satupun kasus terkonfirmasi selama pandemi, antara lain:

  1. Tuvalu

Terletak sekitar setengah jalan antara Hawaii dan Australia, Tuvalu terdiri dari tiga pulau karang dan enam tol. Negara dengan luas gabungan sekitar 10 mil persegi dan populasi lebih dari 10.000 ini memiliki jumlah nol jumlah kasus COVID-19 selama pandemi.

Tuvalu melihat keberhasilan mereka dalam menutup perbatasannya dalam bepergian dengan karantina wajib untuk beberapa kasus.

  1. Negara Federasi Mikronesia

Jumlah kumulatif kasus di Mikronesia adalah nol. Dengan klasifikasi transmisi dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang juga menyatakan bahwa negara ini tak ada kasus.

Negara Federasi Mikronesia terdiri dari lebih dari 600 pulau, menempati kurang dari 300 mil persegi gabungan tanah di antara empat negara bagian.

  1. Tonga

Berbatasan dengan Fiji di barat laut, Samoa di utara, dan Niue di timur laut, Tonga juga tak memiliki kasus terkonfirmasi COVID-19. Negara itu dilaporkan telah menjauhkan virus corona dari pantainya dengan membatasi kapal pesiar pada tahap awal pandemi, menutup bandara dan bahkan melembagakan penguncian nasional.

Baca Juga: Bangunan SMAN 3 Rusak Akibat Puting Beliung, Bagaimana Nasib PTM?

  1. Nauru

Bertetangga dengan Kiribati, Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia berdasarkan ukuran. Negara dengan warga sekitar 10.000 jiwa itu juga melaporkan nol kasus selama pandemi.

Negara itu dilaporkan telah mencegah virus corona melalui pembatasan perjalanan serupa ke negara-negara pulau tetangga mereka.

  1. Kiribati

Kiribati terletak sekitar 2.000 mil barat daya Hawaii. Negara ini memiliki nol kasus dengan memberlakukan pembatasan perjalanan untuk memerangi Covid-19 sejak dini. (lala/*)