Karantina Wilayah Depok Boleh Saja, Asalkan…

0
140
Khairulloh Ahyari.(Istimewa)

UPAYA penanggulangan dan pencegahan penyebaran virus Corona atau Covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah.

Sebagai Kota yang berbatasan langsung dengan DKI Jakarta, Kota Depok perlu mempersiapkan diri kemungkinan memberlakukan situasi karantina wilayah.

Berdasarkan rilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Depok karantina bisa menjadi salah satu opsi, meski kewenangannya berada di pemerintah pusat.

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Fraksi PKS Kota Depok, Khairulloh Ahyari, memiliki pendapat tersendiri.

Menurutnya, dari aspek hukum karantina wilayah bisa mengacu kepada Undang Undang-Undang No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Tentunya, kita berharap agar pemerintah pusat juga bisa segera menerbitkan PP tentang Karantina Wilayah. Sebagimana yg dijanjikan oleh Menko Polhukam Prof. Mahfudz MD,” ujarnya kepada wartawan di Sawangan, Minggu (29/3/2020).

Menurut dia, untuk mendapatkan status karantina wilayah harus memenuhi kriteria. Ia menyebutkan, kesiapan data kelompok masyarakat yang perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah akibat dampak dari pemberlakuan kebijakan tersebut.

Diantaranya, kata dia, kelompok masyarakat miskin, kelompok masyarakat pekerja harian seperti komunitas ojol, pedagang kecil dan kelompok lain yang merasakan langsung dampak ekonominya jika.

“Data ini berupa jumlah, persebaran dan karakteristik serta data penunjang lainnya. Tentunya, merencanakan jenis bantuan apa yang akan diberikan. Sehingga akan muncul besar dana yang dibutuhkan berikut mekanisme penyalurannya, agar efektif dan tepat sasaran,” paparnya.

Khairulloh mengungkapkan, perlunya persiapan anggaran APBD, baik yang berasal dari BTT maupun dari realokasi anggaran OPD2.

Ia menambahkan, kemungkinan mendapatkan dana dari Provinsi, pemerintah pusat dan juga bantuan Gubernur DKI Jakarta.

“Perlunya koordinasi dan komunikasi dengan semua stakeholder dan perwakilan kelompok masyarakat tentang kemungkinan pemberlakuan karantina ini. Saatnya membangkitkan kepedulian masyarakat berbasis RT dan RW, lembaga keagamaan serta komunitas tentang pentingnya saling tolong menolong.
Semoga Allah memberikan kesehatan dan keberkahan untuk kita semua,” tandasnya.

(ahi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here