Kapolres Depok Adang Ratusan Mahasiswa Hingga ke Jaksel

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah mencoba menghalau unjuk rasa mahasiswa (Istimewa)

MARGONDA– Gelombang aksi unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja atau Omnibus Law terus bermunculan. Kali ini, giliran mahasiswa BSI Depok, Jawa Barat, yang bergerak ke Jakarta pada Kamis, 8 Oktober 2020.

Pantauan di lokasi melaporkan, massa peserta aksi bergerak dari kampus mereka di Jalan Margonda sekira pukul 14:00 WIB. Sama seperti mahasiswa Gunadarma, ratusan mahasiswa BSI ini juga bergerak menuju Jakarta dengan cara long march, melintasi Jalan Raya Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah yang mengetahui hal itu sempat berupaya mencegah, meski hanya dengan beberapa personil Jaguar dan seorang anggota TNI yang diketahui adalah Danramil Sukmajaya, Kapten Inf Suyono.

Meski massa cukup banyak, namun Azis terlihat tak gentar. Ia bahkan mencoba menahan pergerakan demonstran hingga terlibat adu mulut dengan sejumlah mahasiswa tersebut.

“Hukum tertinggi saat ini adalah kesehatan, kalau kalian kenapa-kenapa kena COVID siapa yang mau tanggungjawab,” kata Azis mencoba menghalau peserta aksi

Namun massa tak peduli, mereka bahkan berupaya meringsek paksa hadangan petugas yang menghalau. Upaya dialog berkali-kali dicoba azis, tapi gagal.

Tak menyerah begitu saja, Azis pun terus mencoba menghentikan pergerakan para mahasiswa hingga ke wilayah Lenteng Agung, Jakarta Selatan, meski akhirnya tak berhasil.

Peristiwa ini sempat membuat arus lalu lintas dari Jakarta menuju Depok macet parah. Sebabnya, selain jumlah massa yang cukup banyak, mereka bergerak dengan cara lawan arah. (rul/*)