Kapolda Metro Jaya Minta Pemilik Rental Mobil Kerjasama Dengan Polisi

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran didampingi Kapolrestro Depok Komisaris Besar Imran Edwin Siregar memberikan secara simbolis mobil hasil curian kepada pemiliknya, Senin 20 September 2021. (Depoktoday.com)
Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran didampingi Kapolrestro Depok Komisaris Besar Imran Edwin Siregar memberikan secara simbolis mobil hasil curian kepada pemiliknya, Senin 20 September 2021. (Depoktoday.com)

DepokToday – Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi Fadil Imran meminta para pemilik usaha rental mobil tidak segan-segan untuk bekerjasama dengan pihak kepolisian. Hal itu guna meminimalisir aksi kejahatan pencurian dengan modus menyewa mobil.

“Penggelapan kendaraan memang menjadi modus operandi baru saat ini, karena teknologi CCTV, dan security kendaraan yang sudah semkain maju, pelaku kemudian berpikir bagaimana mendapatkan kendaraan dengan mudah,” kata Fadil saat menyerahkan secara simbolis puluhan kendaraan hasil penggelapan di Mapolrestro Depok, Senin 20 September 2021.

“Cek betul identitas dari para pelaku, foto yang bersangkutan, kalau perlu datang ke Polres atau telpon kapolsek supaya bisa disaksikan (saat transaksi).” timpalnya

Fadil menambahkan, godaan untung besar bagi pemilik rental mobil tak sedikit malah menjadi semacam perangkap di masa sekarang. “Hati-hati bapak ibu pemilik rental, manakala didatangi orang untuk menyewa apalagi dengan iming-iming keuntungan luar biasa, nyewa tiga bulan dibayar langsung tunai, hati-hati,” tegas Fadil.

Baca Juga: Si Cantik Donna yang Pimpin Pencurian 40 Mobil Dibekuk di Depok

Kapolda Metro Jaya juga meminta agar setiap pemilik rental mobil dapat memasang alat Global Positioning System (GPS) pada setiap unit kendaraannya, agar bisa dipantau dan di antisipasi jika terjadi percobaan pencurian.

“Tingkatkan keamanan pada kendaraan, seperti (memasang) GPS pada kendaraan tersebut sehingga kendaraannya bisa dipantau,” kata Fadil.

Terakhir, Fadil pun berpesan agar tidak mudah percaya kepada orang lain, karena mobil merupakan aset yang bisa dikatakan bernilai cukup tinggi.

“Pelakunya saya dengar ada perempuan. Tidak bermaksud saya untuk mendiskreditkan gender tertentu, tapi sekarang hati-hati, kejahatan ini tidak mengenal jenis kelamin siapapun bisa jadi pelaku,” kata Fadil. “Pastikan identitas penyewa merupakan data yang valid.”

Sebelumnya diberitakan, Polres Metro Depok berhasil meringkus kompolotan pencuri mobil dengan modus sewa rental yang dipimpin oleh seorang wanita bernama Donna Deliana.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengungkapkan, dalam aksinya itu DD (Donna Deliana) dibantu oleh empat anak buahnya, yakni Angga, Bambang, Nemit dan Nasep alias Aceng.

Tak tanggung-tanggung, dari hasil pengakuan sementara, sindikat ini telah menggelapkan sebanyak 40 unit mobil. Adapun yang berhasil diamankan petugas sampai saat ini sekira 31 unit mobil.

“DD ini dipercaya beberapa tempat rental mobil dengan alasan untuk sewa bisnis, untuk tamu dan lain sebagainya. Korbannya rata-rata rental mobil di daerah Depok dan Bekasi, dan sejumlah rental mobil itu percaya sekali dengan DD.” (ade/*)