Kantor Barunya Diresmikan IBH, DEEP Depok Beberkan 4 Agenda Strategis

DEEP Depok
Peresmian kantor DEEP di Pancoran Mas yang diresmikan oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono. (Foto: Adi/Jurnalisme Warga)

PANCORAN MAS—Democracy and Electoral Empowerment Partnership (DEEP) memiliki kantor baru, Kamis 15 April 2021.

Kantor yang berlokasi di Jalan Raya Keadilan No. 11, Kelurahan Rangkapan Jaya Baru, Kecamatan Pancoran Mas, itu diresmikan langsung oleh Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH).

Selain IBH, hadir juga Direktur DEEP Indonesia, Yusfitriadi, Korda DEEP Depok, Fajri Syahid, Dewan Pembina DEEP Kota Depok, Sulung Hawari dan Ahmad Tamami Husein, Tokoh Muhammadiyah Kota Depok, H. Ali Wartadinata, Komisioner KPU Kota Depok, Jayadi dan ASF Habibi, Komisioner Bawaslu Kota Depok, Dede Slamet Permana, serta Tokoh Muda OKP dari IPM dan SEMMI.

Dalam sambutannya, Koordinator DEEP Kota Depok, Fajri Syahid, membeberkan empat agenda rutin salah satu NGO di Kota Depok.

“Kita akan fokus kepada empat agenda ruting kita salah satu NGO yang ada di Kota Depok, yang artinya demokrasi Electoral Empowerment Partnership tentu pertama kegiatan kita adalah untuk meningkatkan kapasitas anak muda melaui sebuah kajian dan penelitian”, kata Fajri Syahid kepada wartawan.

Dia melanjutkan, kajian dan penelitian ini saya kira jarang sekali NGO-NGO kemudian juga organisasi sipil society yang serius disini, banyak sekali hanya melahirkan orang-orang saja tapi tidak mengkaji isu-isu dan masalah-masalah di Kota Depok sehingga pada akhirnya bisa disampaikan kiranya jawaban solusinya dari kajian-kajian tersebut.

Fajri juga menyebutkan kegiatan kedua yakni kegiatan-kegiatan sosial di Kota Depok, gerakan-gerakan sosial di masyarakat ini bagian dari agenda aksi kita.

“Kedua tentu adalah kegiatan-kegiatan sosial di kota Depok adalah bagian dari gerakan-gerakan sosial masyarakat untuk menyeimbangkan itu maka dari itu gerakan-gerakan sosial masyarakat ini bagian dari agenda aksi kamu, implementasi gerakan sosial sebagai bagian dari agenda aksi kami melalui advokasi media tentunya dan juga advokasi kebijakan publik pemerintahan Kota Depok,” jelasnya.

“Saya kira segmen dan slogan kami, kamu akan mengkaji kebijakan-kebijakan publik pemerintah kota Depok apabila kebijakannya itu pro kepada rakyat tentu kami akan mengapresiasi, sebaliknya tentu kami akan mengkritisi paling depan terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah yang nantinya diselenggarakan apabila tidak pro rakyat, saya kira di kota depok akan menjadi penyeimbang dan pengawas dan membantu masyarakat khususnya untuk panjang tangan masyarakat kemudian panjang suara masyarakat pada Pemerintah Kota Depok,” sambungnya.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/manifesto-idris-imam-dinasti-politik-sampah-hingga-pungli/

Selain itu Fajri juga mengungkapkan kegiatan ketiga fokus kepada kemandirian ekonomi, harapannya DEEP Kota Depok sebagai lembaga yang mandiri sehingga setiap arah dan kebijakan berdasarkan hati nurani.

“Ketiga tentang kemandirian ekonomi, harapannya adalah di kota depok ini DEEP sebagai lembaga yang mandiri sehingga setiap arah kebijakan kami yang berdasarkan hati nurani dan juga moralitas terhadap demokrasi subtansial, kemudian juga terhadap pemberdayaan dan partnership benar-benar lahir dari moral dan juga hati pikiran kami tentu salah satu aspek pendukung adalah kuatnya kemandirian”, ungkapnya.

“Keempat langkah konkrit DEEP yakni pada saat ini di Kantor DEEP Kota Depok yang baru saja dilaunching, dan kami juga sudah ada kedai yang bernam DEEP Coffee, tempat para aktifis dan tempat masyarakat sembari mengopi kita berbicara masalah-masalah terkait kota Depok pada akhirnya kita mencari solusi terbaiknya sehingga bareng-bareng bangkit untuk kota depok dan khususnya Kota Depok yang dekat-dekat ini kota Depok akan ulang tahun tentunya”, pungkasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH), menyatakan, peresmian gedung baru kantor, dapat mendongkrak semangat kinerja DEEP, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Peresmian gedung baru kantor DEEP Kota Depok, dapat mendongkrak semangat kinerja DEEP Kota Depok dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat”, ucap IBH.

Selain itu, IBH mengapresiasi telah membantu selama proses pembangunan di Kota Depok. Di harapkan kehadiran DEEP di Depok, bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Depok membawa kebaikan bagi masyarakat.

“Kita ingin bersama membangun bukan merusak. Saya berharap bisa sama-sama Pemkot Depok bangun kebaikan untuk Depok yang Maju, Berbudaya dan Sejahtera”, bebernya.

IBH juga harap kehadiran DEEP di Depok mampu memberikan edukasi politik kepada anak muda. Karena banyak anak muda di Depok tidak mau kenal politik.

“Adanya DEEP bisa memberikan pemahaman tentang politik. Sebab ilmu politik itu sama dengan ilmu lainya”, tutupnya.

(adi/jurnalisme warga)