Kanada Emas, Swedia Perak, Amerika Serikat Perunggu

Medali emas, perak, dan perunggu Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: Twitter Tokyo2020)
Medali emas, perak, dan perunggu Olimpiade Tokyo 2020.(Foto: Twitter Tokyo2020)

DepokToday—Kanada mengalahkan Swedia melalui adu penalti 3-2, setelah kedua tim bermain imbang 1-1, untuk memenangkan emas Olimpiade Tokyo 2020 di Yokohama.

Kanada menjadi negara keempat yang menduduki podium teratas di turnamen ini, setelah Amerika Serikat, Jerman, dan Norwegia.

Dan hasil itu adalah medali emas pertama sepak bola wanita mereka di Olimpiade. Sementara kekalahan di final membuat Swedia harus puas mendapatkan medali perak.

Pemain sepak bola putri Kanada menerima medali emas Olimpiade 2020.(Foto: Twitter India Today)
Pemain sepak bola putri Kanada menerima medali emas Olimpiade 2020.(Foto: India Today)

Bertanding di Stadion Internasional Yokohama, Jumat 6 Agustus 2021, Swedia unggul lebih dulu lewat Stina Blacksternius pada menit ke-34. Sementara Kanada menyamakan skor lewat sepakan penalti Jessie Fleming pada menit ke-68.

BACA JUGA: Meksiko Sabet Medali Perunggu Olimpiade Tokyo 2020 

Setelah 120 menit skor imbang tidak berubah, Kanada keluar sebagai juara setelah memenangkan adu tos-tosan dengan skor 3-2.

Kiper Kanada, Stephanie Labbe, pahlawan pada babak tembak-menembak. Ia mampu membendung dua tembakan lawan. Sedangkan satu tembakan Swedia lain melenceng. Kiper Swedia, Hedvig Lindahl mampu membendung satu tembakan, tapi dua lainnya gagal diantisipasi.

Pemain sepak bola putri Kanada meluapkan kegembiraan setelah menang dalam drama adu penalti melawan Swedia di final Olimpiade 2020.(Foto: Twitter The Independent)
Pemain sepak bola putri Kanada meluapkan kegembiraan setelah menang dalam drama adu penalti melawan Swedia di final Olimpiade 2020.(Foto: The Independent)

AS Dapat Perunggu

Sementara di pertandingan perebutan medali perunggu, Amerika Serikat (AS) menjadi pemenang usai mengalahkan Australia 4-3 di Stadion Ibaraki Kashima, Kamis 5 Agustus 2021.

AS dan Australia yang memainkan hasil imbang 0-0 di babak penyisihan grup, tetapi sejak peluit pertama di pertandingan ini adalah urusan yang sangat berbeda dan sepenuhnya lebih dramatis.

Pesepak bola putri Amerika Serikat merayakan gol saat bertanding melawan Australia dalam perebutan medali perunggu Olimpiade 2020.(Foto: NBC News)
Pesepak bola putri Amerika Serikat merayakan gol saat bertanding melawan Australia dalam perebutan medali perunggu Olimpiade 2020.(Foto: NBC News)

Dikutip dari tempo.co, AS tampil meyakinkan dalam laga ini. Mereka membuka keunggulan lewat gol Megan Rapinoe pada menit kedelapan.

BACA JUGA: Tekuk Meksiko, Amerika Serikat Juara Piala Emas Concacaf 2021

Sempat disamakan oleh oleh gol Sam Kerr pada menit ke-17, Amerika kembali unggul berkat gol kedua Megan Rapinoe (21) serta dua gol Carli Lloyd (45 dan 54).

Australia gagal meraih medali Olimpiade pertamanya karena hanya bisa menambah dua gol lewat Caitlin Foord (54) dan Emily Gielnik (90+1).

(tdr/Sumber: FIFA/*)