Kampanyekan Hidup Sehat, UI Luncurkan Layanan Berbagi Sepeda

Rektor UI Prof M. Anis (tengah)

DEPOK– Gowes ride sharing platform & application, bersama dengan Universitas Indonesia (UI) meresmikan layanan berbagi sepeda, e-Scooter, dan e-bike di kawasan kampus UI, Depok, Jawa Barat pada Selasa 29 Oktober 2019. Program ini disebut-sebut sebagai salah satu upaya untuk menekan polusi udara.

“Kita ingin menghasilkan SDM (sumber daya manusia) unggul, kalau smart tapi engga sehat percuma. Oleh karena itu kita siapkan fasilitas ini agar bergerak namun juga ramah lingkungan tanpa asap,” kata Rektor UI Muhammad Anis di dampingi Kadishub Depok, Dadang Wihana

Anis menjelaskan, sejak sekira 10 tahun lalu UI telah memiliki sepeda kuning yang digunakan sebagai salah satu transportasi alternatif di lingkungan kampus. Dan seiring dengan perkembangan zaman, kini sepeda kuning mulai betransformasi menjadi sepeda listrik.

“Inikan bagian dari revitalsasi sepeda kuning, ya kita mengikuti trend perkembangan sepeda yang sudah berteknologi. Jadi kita bekerjasama dengan Telkomsel dan PT Gowes untuk menyediakan fasilitas transportasi ini dan atoped listrik,” ujarnya

Anis mengatakan, berbeda dengan sebelumnya, sepeda ini direvitalisasi dan dikombinasikan dengan teknologi aplikasi sehingga penggunaannya efektif dan efisien di era generasi milenial.

“Kalau sejak sepuluh tahun yang lalu pertama kali dikenalkan sepeda, tapi sepedanya konvensional dan sebagian besar sekarang rusak,” katanya

“Saya rasa ini kolaborasi yang menarik antara perguruan tinggi dengan perusahaan yang sama-sama memiliki komitmen tinggi akan keberlangsungan lingkungan hidup,” timpalnya lagi

Lebih lanjut Anis menambahkan, program ini seiring dengan upaya UI guna menciptakan kampus berbasis lingkungan atau dikenal sebagai green campus.

Dan untuk diketahui, Gowes bersama UI akan memulai operasional Gowes fleet di 14 titik parkir di seluruh area UI, Depok.

Kampus UI Depok telah memiliki jalur sepeda yang tersebar di seluruh area seluas 320 hektar. Hingga saat ini 200 unit sepeda, 100 e-scooter, dan 35 e-bike telah beroperasi. Dan hingga akhir tahun ini, sebanyak 400 unit sepeda, 100 unit e-bike, serta 300 unit e-scooter akan ditempatkan oleh Gowes  dan bakal terus bertambah guna memenuhi kebutuhan mobilitas dari 48.000 civitas UI.

“Kami menyambut baik dukungan dan antusiasme yang diberikan oleh berbagai pihak atas hadirnya Gowes fleet di Universitas Indonesia ini. Kami ingin terus memperkenalkan manfaat Gowes ke lebih banyak kalangan, khususnya bagi civitas UI solusi transportasi ramah lingkungan dan juga memberikan dampak sosial yaitu gaya hidup yang lebih sehat,” kata Iwan Suryaputra, Direktur Utama PT Surya Teknologi Perkasa (STP)

Khusus untuk kalangan civitas ataupun mahasiswa dan alumni UI, sepeda kunging gratis 30 menit pertama. “Namun kalau otoped listrik dan sepeda listrik Rp 5 ribu. Saat ini di sudah 7000 perjalanan yang menggunakan sepeda dan otoped. Kita target 25 ribu perjalanan,” tutur Iwan (rul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here