Kalahkan Tim Tuan Rumah, Belgia dan Finlandia Meraih Poin Sempurna

Selebrasi Romelu Lukaku usai mencetak gol ke gawang Rusia. (Foto: Twitter UEFAEURO2020
Selebrasi Romelu Lukaku usai mencetak gol ke gawang Rusia. (Foto: Twitter UEFAEURO2020)

SAINT PETERSBURG—Tim sepak bola Belgia akhirnya membuktikan diri sebagai tim nomor satu dunia dalam peringkat FIFA di ajang Piala Eropa 2020.

Label ranking satu dunia pantas disematkan kepada Belgia setelah mengalahkan salah satu tim tuan rumah Piala Eropa 2020, Rusia.

Dalam pertandingan Grup B Piala Eropa 2020 yang berlangsung di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Minggu 13 Juni 2021 dini hari WIB, Belgia menang telak dengan skor 3-0.

Penyerang tim Belgia, Romelu Lukaku, memborong dua gol pada pertandingan ini masing-masing pada menit 10 dan 88. Satu gol lagi dibuat oleh Thomas Meunier menit 34. Berkat dua golnya itu, Lukaku dinobatkan sebagai bintang pertandingan.

DIBACA JUGA: Belgia vs Rusia, Pembuktian Tim Peringkat Satu Dunia

Meski menang dengan skor besar, Lukaku menilai timnya masih butuh evaluasi. “Performa babak pertama kami sangat bagus. Kami menciptakan peluang tetapi sedikit ceroboh di babak kedua. Kami membuat kesalahan dan kami harus memperbaikinya jika kami ingin melangkah jauh di turnamen ini,” ucap penyerang yang bermain di Inter Milan itu.

Hal yang sama disampaikan oleh bek tim Belgia, Toby Alderweireld. “Selalu ada ketegangan di game pertama, jadi wajar jika tidak semuanya sempurna. Tapi kami memegang kendali penuh atas permainan ini. Kami berada di bawah tekanan tetapi menanganinya dengan cara yang benar. Kapan pun Anda mencetak gol tiga kali melawan Rusia, Anda bisa bahagia,” paparnya.

Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)
Pemain Belgia merayakan gol ke gawang Rusia.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Sementara, melihat hasil minor yang diraih anak asuhnya, Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov, mengakui kekalahan tersebut.

“Hasilnya tampak adil. Itu bisa saja lebih, tetapi untuk beberapa kesalahan konyol dari kami,” katanya disitat uefa.com.

Debut Manis Finlandia

Sementara itu, di pertandingan Grup B lainnya, tim Finlandia memulai debut Piala Eropa dengan manis. Tim yang baru kali pertama tampil di Piala Eropa itu menang tipis atas Denmark 1-0 di Stadion Parken, Kopenhagen, Sabtu 12 Juni 2021 malam WIB.

DIBACA JUGA: Denmark Diuntungkan Status Tuan Rumah, Finlandia Memulai Debutnya

Gol yang dicetak Joel Pohjanpalo pada menit ke-59 menjadi satu-satunya gol di pertandingan tersebut. Tim Denmark yang notabene salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020 pun harus tertunduk malu di hadapan publiknya.

Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020
Pemain Finlandia sedang menggiring bola dikejar tiga pemain Denmark.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Dengan hasil ini Finlandia bertengger di posisi kedua klasemen sementara Grup B, berada di bawah Belgia yang memimpin klasemen. Perolehan poin Finlandia dan Belgia sama, yakni tiga poin.

Klasemen sementara Grup B.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)
Klasemen sementara Grup B.(Foto: Twitter UEFAEURO2020)

Sedangkan Denmark dan Rusia, dua tuan rumah yang mengalami kekalahan di laga pertama, menempati posisi ketiga dan keempat klasemen.

(tdr/*)