Kalahkan Indonesia 4-0, Vietnam Kokoh di Puncak Klasemen Grup G

Hasil akhir pertandingan Vietnam vs Indonesia dengan skor 4-0.(Foto: Twitter @afcasiancup)
Hasil akhir pertandingan Vietnam vs Indonesia dengan skor 4-0.(Foto: Twitter @afcasiancup)

DUBAI—Timnas sepak bola Vietnam mengalahkan Indonesia dengan skor 4-0 dalam pertandingan kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Al-Maktoum, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), Senin 7 Juni 2021.

Vietnam langsung tampil menggebrak sejak wasit meniup peluit tanda babak pertama dimulai.

Indonesia yang terus diserang Vietnam hanya mampu bertahan. Indonesia cuma mengandalkan serangan balik dan semua kesempatan itu belum membahayakan gawang Vietnam.

Vietnam memiliki banyak peluang mencetak gol di sepanjang babak pertama. Tapi sejumlah peluang emas yang didapat Vietnam mampu diantisipasi pemain belakang dan penjaga gawang Indonesia. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

DIBACA JUGA: Timnas Indonesia Percaya Diri Menghadapi Kekuatan Vietnam

Memasuki babak kedua, Indonesia mencoba menguasai pertandingan. Masuknya Egy Maulana Vikri dan Witan Sulaeman memberikan perubahan permainan. Indonesia mulai berani menyerang dan menciptakan peluang.

Tapi Vietnam tidak tinggal diam. Mengandalkan kecepatan dan kekompakan pemainnya, Vietnam tetap memberikan perlawanan.

Hasilnya, Vietnam berhasil membobol gawang Indonesia melalui Nguyen Tien Linh menit 51.

Memanfaatkan umpan lambung dari rekannya, Linh mampu mencetak gol melalui sepakan kaki kanan yang sebelumnya berhasil diblok pemain belakang Indonesia.

DIBACA JUGA: UEA dan Thailand Bisa Rebut Puncak Klasemen Grup G, Begini Skenarionya

Drama Pembantaian Vietnam untuk Indonesia

Bola pantulan itu kembali ditendang Linh dan meluncur deras mendatar membentur tiang kanan gawang Indonesia, bola pun mengarah ke dalam gawang.

Gol ini sempat mendapat protes dari pemain Indonesia, tapi wasit tetap menganggapnya sebuah gol. 1-0 untuk Vietnam.

"Hasil

Usai gol pertama tercipta, Vietnam semakin beringas menyerang Indonesia. Gol kedua pun lahir lewat sepakan keras Nguyen Quang Hai dari luar kotak penalti di menit 62. Skor 2-0 untuk Vietnam.

Lima menit berselang (menit 67), Vietnam mencetak gol ketiganya. Kali ini memanfaatkan tendangan sudut yang berhasil dikonversi menjadi gol oleh Nguyen Cong Phuong.

DIBACA JUGA: Thailand dan Malaysia Gagal Geser Posisi Vietnam dari Puncak Klasemen

Tertinggal 3-0, Indonesia berusaha keras mengejar ketertinggalannya. Sebuah peluang emas dilakukan Egy Maulana Vikri tapi bola hasil tendangannya membentur mistar.

Vietnam kembali melancarkan serangan dan berhasil membuat gol keempat di menit 74 melalui tendangan melengkung Vu Van Thanh.

Tidak ada gol yang tercipta lagi hingga pertandingan babak kedua selesai. Negeri Naga Biru itu menang dengan skor telak 4-0 atas Indonesia.

Kemenangan ini membuat Vietnam semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup G dengan 14 poin dari enam pertandingan. Sedangkan Indonesia tetap berada di dasar klasemen dengan satu poin dari tujuh pertandingan. (tdr)