KA Lokal Wahalar dan Merak Kembali Beroperasi Hari Ini, Catat Rutenya

Kereta Api (KA) Lokal Wahalar, Jatiluhur dan Merak akhirnya kembali beroperasi melayani penumpang pada Selasa 18 Mei 2021. (Foto: Istimewa)
Kereta Api (KA) Lokal Wahalar, Jatiluhur dan Merak akhirnya kembali beroperasi melayani penumpang pada Selasa 18 Mei 2021. (Foto: Istimewa)

JAKARTA- Kereta Api atau KA Lokal Wahalar, Jatiluhur dan Merak akhirnya kembali beroperasi melayani penumpang pada Selasa 18 Mei 2021. Sebelumnya, sejumlah kereta api itu dinonaktifkan karena masa larangan mudik.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa, mengungkapkan, pengoperasian kembali KA Lokal Wahalar, Jatiluhur dan Merak itu tentunya tetap diikuti dengan protokol pencegahan penyebaran COVID-19

“Salah satunya dengan memberlakukan okupansi hanya 70 persen dari okupansi yang diizinkan pada saat normalnya sebanyak 150 persen untuk volume penumpang. Ini Berlaku untuk KA Lokal Wahalar, Jatiluhur, dan Merka,” katanya.

Eva menjelaskan, KA Lokal Merak kembali beroperasi melayani  penumpang dari Stasiun Rangkasbitung tujuan Stasiun Merak. Sedangkan KA Lokal Walahar melayani penumpang dari Stasiun Cikarang menuju Purwakarta, pulang pergi (PP) dengan tarif Rp 4.000.

Sebelumnya, pada masa normal sebelum pandemi KA Lokal Walahar memiliki relasi Stasiun Tanjung Priok-Purwakarta PP.

Eva menyebut, untuk saat ini terdapat 5 perjalanan PP KA Lokal Walahar yang berangkat dari Stasiun Cikarang melewati dan melayani naik-turun penumpang di Stasiun Lemahabang, Kedunggedeh, Karawang, Klari, Kosambi, Dawuan, Cikampek, Cibungur, dan berakhir di Stasiun Purwakarta.

“Sedangkan untuk KA Lokal Jatiluhur relasi Stasiun Cikampek-Cikarang hanya melayani 1 perjalanan (PP) dengan tarif Rp 3.000,” katanya.

Syarat Naik KA Lokal Wahalar

Eva mengimbau, masyarakat yang ingin menggunakan layanan KA Lokal Walahar dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access H-7 sebelum keberangkatan.

“Layanan loket di stasiun hanya melayani pembelian tiket KA go show 3 jam sebelum jadwal KA berangkat.”

Adapun ketentuan yang wajib dipenuhi oleh calon penumpang atau masyarakat yang akan naik KA Lokal adalah dalam kondisi sehat, tidak menderita flu, pilek, batuk dan demam.

Baca Juga: PT Kereta Api Indonesia Sebut Kedatangan Penumpang di Jakarta Landai

Kemudian, calon penumpang wajib menggunakan masker dan suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celcius.

“Masyarakat juga diimbau untuk menggunakan baju lengan panjang saat melakukan perjalanan menggunakan transportasi KA,” kata Eva. (rul/*)