Jusuf Kalla Diprediksi Dukung Anies Sebagai Capres, Begini Hitungannya

Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla diprediksi dukung Anies (Istimewa)
Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla diprediksi dukung Anies (Istimewa)

DepokToday- Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Jusuf Kalla diprediksi bakal memberikan dukugannya untuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dalam ajang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal itu diungkapkan Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando Emas seperti dikutip dari Hops.id jaringan DepokToday.com pada Selasa 24 Agustus 2021.

Fernando mengungkapkan, kemungkinan Pilpres 2024 bakal berjalan seru dan panas.

Hal itu lantaran, sejumlah tokoh-tokoh politik besar banyak berperan sebagai king maker. Dia pun menyoroti langkah politik Jusuf Kalla dalam pesta demokrasi 2024 nanti.

Jusuf Kalla Diprediksi Kembali Dukung Anies

Fernando mengatakan, bahwa berdasarkan pengamatannya, Jusuf Kalla bakal kembali memberikan dukungan terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagaimana pada Pilkada DKI Jakarta.

Baca Juga: Tragedi Margo City Berpotensi Masuk Pidana, Begini Kata Polisi

Meski begitu, langkah Anies di Pilpres 2024 tampaknya bakal menemui jalan yang cukup terjal, mulai dari peluang politik hingga soal financial.

“Saat ini Anies sedang mengkalkulasi peluangnya, baik politik dan finansial,” kata Fernando.

Di sisi lain, kata dia, ada kebimbangan yang melanda Anies yakni terkait pilihan antara maju sebagai Capres 2024 atau Pilkada DKI Jakarta.

Menurutnya, berdasarkan peta politik yang ada di DPR, hanya PKS yang berpeluang mendukung Anies.

Baca Juga: Warga Depok Tipu-tipu Rp 2 Miliar, Modusnya Jadi Jaksa Gadungan

Adapun, Demokrat yang selama ini diharapkan mau berkoalisi dengan PKS peluangnya menipis jika putusan PTUN mengabulkan gugatan pihak Moeldoko.

“Sebaiknya, Anies lebih mematangkan langkahnya untuk Pilkada DKI Jakarta,” ujarnya.

Sebab, PKS sebagai partai yang paling berpeluang mendukung Anies sudah memiliki 16 kursi atau setara 15 persen

“Pilpres 2024 Bakal Panas, Ini Capres Jagoan Jusuf Kalla.”

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dengan tegas memerintahkan agar 8 petugas Dishub pelanggar PPKM Darurat dipecat. (Istimewa)
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (Istimewa)

Sebagaimana diketahui sebelumya, JK sempat mendukung Anies Baswedan dalam ajang Pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2017.

Bahkan Jusuf Kalla sendiri mengaku bahwa dirinya turut melobi Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS saat itu, Sohibul Iman untuk mengusung mantan Mendikbud itu sebagai calon Gubernur DKI Jakarta.

“Saya yang mendukung dia (Anies) jadi calon gubernur, itu benar. Malam-malam 12 jam sebelum penutupan saya telepon Pak Prabowo dan Ketua PKS semua setuju,” katanya beberapa waktu lalu. (rul/*)