Juru Parkir Kepergok Tanam Pohon Ganja di Rumah

Polisi sita dua tanaman ganja (DepokToday, Rul)

DEPOK- Seorang pemuda terpaksa berurusan dengan Satuan Narkoba Polres Metro Depok lantaran nekat menanam dua pohon ganja di rumahnya, di kawasan Kelurahan Kedaung, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, pada Kamis 20 Februari 2020.

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi, Azis Andriansyah mengungkapkan, tersangka Rohim alias Welqi (38 tahun) tertangkap berdasarkan hasil pengembangan terhadap dua orang sopir angkutan kota (angkot) yang kedapatan mengedarkan narkoba jenis sabu. Mereka adalah Lukman Sianipar (34 tahun) dan Benny Tambunan (39 tahun) warga Sukaraja, Kabupaten Bogor.

“Awalnya kami menangkap pelaku Lukman dan Benny dengan barang bukti masing-masing sabu beberapa paket. Kemudian dari situ kami kembangkan lagi ke tersangka Welqi,” katanya pada wartawan

Saat pengembangan di rumah Welqi, petugas dikejutkan dengan temuan dua pohon ganja yang ditanam di dalam pot plastik warna putih. Pohon ganja setinggi sekira 30 senti meter itu disimpan pelaku diantara tanaman hias lainnya di teras atas rumah.

“Ini cukup unik ya karena biasanya tanaman ganja ini ditanam di luar. Tersangka mengaku sudah pernah memakai pohon ganjanya sendiri,” ujar Azis di dampingi Kasat Narkoba Polres Metro Depok, Komisaris Indra Tarigan

Pada penyidik Welqi juga mengaku, pohon ganja yang ditanamnya itu baru berhasil tumbuh sejak tiga bulan terakhir. “Dia kurang lebih sudah 20 kali mencoba menanam ganja, percobaan awal gagal dan ini berhasil. Dia mengaku untuk dikonsumsi sendiri, tapi kegiatan dia membudidayakan hingga puluhan kali ini berpotensi untuk diperdagangkan,” kata Azis

Sementara dua pelaku lainnya mengaku, mereka hanya sebagai kurir sabu dengan upah per gramnya mencapai Rp 1,2 juta untuk sekali antar.

Belajar dari Medsos

Sementara itu, Welqi mengaku, dirinya belajar menanam ganja melalui salah satu situs media sosial. Selama proses, dirinya telah 20 kali gagal menanam pohon tersebut. Welqi beralasan, dirinya sengaja menanam ganja karena unik dan memiliki tingkat kesulitan yang tinggi.

“Nyoba dari tahun yang lalu 2019. Bibitnya dari kawan. Buat koleksi pribadi aja tadinya, kan nanem pohon hias juga di rumah.Ya penasaran aja, kan gagal mulu, itu yang bikin penasaran,” katanya

Selain untuk dikonsumsi secara pribadi, Welqi ternyata juga kerap menggunakan sabu. Alasannya, agar tampil prima.

“Biar kuat aja, kan saya juga jaga parkir,” tuturnya dengan nada memelas. Kini, guna mempertanggungjawabkan perbuatannya itu, Welqi dan dua tersangka lainnya terpaksa mendekam di balik jeruji besi. Mereka terancam Undang-undang Narkotika. Kasusnya ditangani Polres Metro Depok. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here