Jumlah SMP Negeri Timpang, Anak Depok Berisiko Putus Sekolah

SMP Negeri 3 Depok, adalah salah satu sekolah SMP negeri yang difavoritkan di Kota Depok. (Istimewa)
SMP Negeri 3 Depok, adalah salah satu sekolah SMP negeri yang difavoritkan di Kota Depok. (Istimewa)

DEPOK- Jumlah SMP negeri di Kota Depok ternyata tak sebanding dengan dengan total SD negeri. Berdasarkan data pada situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, salah satu wilayah penyanggah Jakarta ini hanya memiliki 237 SD negeri, sedangkan jumlah SMP negeri hanya 27.

Itu artinya, jumlah SMP negeri di kota ini hanya sekira 11 persen dari jumlah SD negeri. Ketimpangan itu tentu saja menimbulkan dampak serius, yakni sedikitnya keterserapan alumni SD negeri di SMP negeri.

Setiap tahunnya, Depok diperkirakan menderita surplus ribuan murid lulusan SD negeri yang “terbuang” ke sekolah swasta, di mana mereka mesti merogoh kocek lebih dalam demi mengakses pendidikan.

“Banyak juga yang putus sekolah. Kalaupun mereka (lulusan SD negeri) tidak putus sekolah, mereka orangtuanya sampai utang sana-sini untuk bayar sekolah swasta,” kata anggota Komisi D Bidang Pendidikan dan Kesehatan DPRD Kota Depok, Rudy Kurniawan, Kamis 10 Juni 2021.

Baca Juga: Ombudsman RI Akan Awasi Pelaksanaan PPDB Depok

Merujuk data Kemendikbud, jumlah SMP swasta di Depok mencapai 292 unit, atau 10 kali lipat jumlah SMP negeri.

“Dampaknya sudah kelihatan dari jumlah sekolahnya. SD (negeri) ada 220-an, SMP (negeri) 27. Kemarin sempat dibahas ada 2.000-an anak yang akhirnya malah sekolahnya di luar Depok, yakni di Bogor, Tangsel, atau Jakarta,” beber Rudy.

Jumlah SMP Negeri dan SMA Negeri di Depok

Situasi ini ditengarai juga menjadi sebab maraknya kasus penahanan ijazah murid di Depok yang sempat menjadi isu beberapa waktu lalu.

Kasus itu di antaranya, disebabkan karena tunggakan uang sekolah yang belum sanggup dilunasi orangtua murid.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Mohammad Thamrin sampai meneken Surat Edaran Nomor 421/2.254/Pemb.SMP/2021 guna melarang sekolah menahan ijazah murid sebagai respons atas persoalan ini.

Baca Juga: Penahanan Ijazah Siswa Ibarat Gunung Es

Masalah tak berhenti sampai di situ karena setelah jumlah SMP negeri di Depok ada 27, jumlah SMA negeri hanya 16, SMK negeri cuma 4. (rul/*)