Jumlah Situ di Depok Menyusut, Kebanyakan Disulap Jadi Perumahan  

Situ Tujuh Muara, Sawangan, Depok. (DepokToday.com)
Situ Tujuh Muara, Sawangan, Depok. (DepokToday.com)

DepokToday- Depok adalah salah satu kota di Jawa Barat yang dikenal memiliki cukup banyak situ atau danau. Namun sayang, dari 40 situ yang tercatat, kini hanya tersisa sekira 23 situ. Rata-rata telah beralih fungsi menjadi pemukiman.

Minimnya kesadaran, membuat daerah resapan air tersebut telah beralih fungsi menjadi kawasan komersil. Maka tak heran, jika musim hujan tiba kota ini kerap dilanda banjir.

Pemerintah Kota Depok rupanya sadar betul dengan kondisi itu.

“Di Depok sisa 23 dari 40 situ. Mudah-mudahan itu bisa kita jaga dan tidak ada lagi penyerobotan oleh oknum terhadap situ kita,” kata Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono pada Minggu, 19 September 2021.

Baca Juga: Bioskop di Depok Kembali Buka, Ini Aturan dan Syarat Bagi Pengunjung

Politisi PKS itu pun tak menampik jika kebanyakan situ yang hilang telah beralih fungsi menjadi perumahan.

“Yg ilang itu sudah jadi perumahan, jadi nggak bisa kami antisipasi. Tapi jangan salahkan kami kalau di perumahan itu banjir, karena disitu tadinya adalah situ,” katanya.

Upaya Pemkot Jaga Situ Depok

Untuk mencegah kejadian serupa, berbagai cara pun telah dilakukan Pemerintah Kota Depok.

Salah satunya adalah dengan melakukan normalisasi dan menjadikan situ sebagai objek wisata alternatif bernuansa alam.

“Pertama adalah pemberdayaan pokdarwis (kelompok sadar wisata) bekerja sama dengan warga sekitar. Situ ini bagus banget buat tempat destinasi wisata,” katanya.

Baca Juga: Viral Geng Itali Tawuran di Bojong Gede, Motifnya Balas Dendam

Kemudian, Pemerintah Kota Depok bakal melakukan kerjasama antar instansi, baik dari pemerintah daerah maupun pusat yang memang punya kewenangan terkait anggaran. Seperti di Situ Tujuh Muara, Sawangan.

“Iya kami sudah ada penelitian dan kajian terhadap Situ Tujuh Muara dan yang lainnya di Kota Depok. Kami berharap jadi tempat destinasi wisata, baik dia wisata air, alam, dan juga wista kulinernya, serta budaya yang ada di sekitar situ,” kata Imam. (rul/*)