Jumlah Pelanggaran Turun di Hari Ketiga PSBB di Depok

0
123
Kapolres Metro Depok, Kombes Azis Andriansyah bersama Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Isra Mi'raj

MARGONDA– Jumlah pelanggaran di hari ketiga pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Depok telah menunjukan perubahan yang cukup siginifikan dibanding hari-hari sebelumnya.

“Hari ketiga ini sudah membaik dibanding hari pertama. Kita fokus sama kesadaran masyarakat dalam mentaati PSBB dalam memutus rantai pandemi virus Corona,” kata Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Polisi Azis Andriansyah saat meninjau lokasi check point di perbatasan Depok-Jakarta Selatan pada, Jumat 17 April 2020.

Dirinya mengatakan, beberapa hal terkait aturan tersebut, di antaranya menggunakan masker, tidak berboncengan satu motor, di dalam angkot menjaga jarak antar penumpang, serta pengguna mobil menempatkan diri di tempat duduknya, sudah lebih baik dari hari pertama dan kedua.

“Lalu lintas di hari ketiga, volume kendaraan sudah mulai menurun tapi belum dipelajari akibat adanya kesadaran warga untuk tidak beraktivitas di luar atau karena hari Jumat. Nanti kita lihat hari-hari selanjutnya semoga memang turun dan banyak berkegiatan di rumah.”

Azis berharap, kesadaran untuk melakukan PSBB bukan hanya di titik-titik check poin, tapi di seluruh wilayah yang ada di tengah-tengah aktivitas warga. Terkait hal itu, ia pun mengaku sedang menyiapkan sanksi bagi para pelanggar yang tak patuh dengan kebijakan tersebut.

“Sanksi ini memang dibutuhkan ya, tapi sampai saat ini sudah banyak yang sadar, bahwa Depok sudah menjadi wilayah PSBB. Artinya masih akan menjadi pembahasan, jika memang ada (pelanggar) kita tindak. Tapi sejuah ini kalau dilhat dari yang tau dan tidak tau masih sangat sedikit,” tuturnya

Lebih lanjut Azis menegaskan, tingkat kesadaran perlu dilakuakn secara konsisten dan itu sebaiknya dilakukan bukan karena adanya sanksi.

“Yang baik itu, bagaimana masyarakat memiliki kesadaran PSBB yang tujuan utamanya memutus mata rantai Corona. Jadi bukan hanya tentang penegakan aturan saja tapi kesadaran memutus virus ini.” (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here