Jumlah Korban Corona di Depok Terus Bertambah

0
128
Petugas semprotkan cairan disinfektan untuk menangkal Corona (istimewa)

MARGONDA– Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Depok mencatat, sampai dengan saat ini ada sebanyak 10 orang yang telah sembuh dari virus tersebut.

Dan berdasarkan data Selasa 31 Maret 2020, jumlah pasien positif Corona 43 orang, meninggal lima orang. Sedangkan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 330 orang, selesai 38 orang dan masih dalam

pengawasan 292 orang. Kemudian Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 1.232 orang, selesai 204 orang dan masih dalam pemantauan 1.028 orang.

“Untuk jumlah PDP yang meninggal sampai dengan saat ini mencapai 17 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Depok, Dadang Wihana, Rabu 1 April 2020

Ia menjelaskan, status PDP belum bisa dinyatakan positif atau negatif, karena harus menunggu hasil PCR, yang datanya hanya dikeluarkan oleh PHEOC (Public Health Emergency Operating Center) Kemenkes RI.

Perangi Corona

Kapolres Metro Depok, Komisaris Besar Azis Andriansyah mengaku, pihaknya telah membubarkan sebanyak 30 kegiatan yang melibatkan orang banyak di Kota Depok. Langkah tegas ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“Ya kita sudah beberapa kali membubarkan kegiatan atau titik kumpul masyarakat. Lebih dari 20-30 titik kumpul masyarakat. Itu kita bubarkan beberapa kali. Kami melakukannya secara humanis, akhirnya mau membubarkan diri,” katanya

Sejumlah kegiatan tersebut ada yang bersifat resmi dan ada pula yang tidak. Azis bahkan mengaku, imbauan itu juga gencar dilakukan pihaknya bersama jajaran Kodim 0508 Depok ke sejumlah kafe dan tempat nongkrong anak muda hingga larut malam.

“Ya kafe-kafe ini hampir tiap malam kami ingatkan juga, kami ingatkan dan dorong untuk drive thru atau delivery order. Kalau melarang total kami masih menunggu petunjuk pemerintah,” ucap Azis didampingi Dandim 0508 Depok, Kolonel Inf Agus Israk Mi’raj

Selain itu kata Azis, jajarannya bersama TNI dari Kodim 0508 Depok juga rutin melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke sejumlah pusat keramaian, tempat-tempat umum maupun pemukiman warga. Seperti yang dilakukan tadi siang. Penyemprotan dilakukan menggunakan water canon.

“Jadi kegiatan hari ini kita menyemprotkan disinfektan secara massal. Ini merupakan program pemerintah sekaligus memberikan sosialisasi hidup bersih dan sehat untuk mengurangi penyebaran virus Corona ini.” (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here