Jokowi : Wabah COVID-19 Ujian Terberat Bangsa Indonesia

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan penanganan COVID-19 terkini, di Istana Bogor, 23 Juni 2021. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan penanganan COVID-19 terkini, di Istana Bogor, 23 Juni 2021. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta masyarakat bersabar dan tetap disiplin mentaati protokol kesehatan agar wabah COVID-19 dapat dilalui.

Jokowi mengakui, pandemi wabah COVID-19 merupakan ujian terberat yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia.

“Bapak, ibu, dan saudara-saudara sebangsa setanah air, kita masih harus menghadapi ujian berat, menghadapi cobaan berat, karena beberapa hari terakhir ini wabah COVID-19 kembali merebak, kembali meningkat, dan juga adanya varian baru yang lebih mudah menular,” kata Jokowi saat live streaming menyampaikan kondisi terkini penanganan COVID-19 melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 23 Juni 2021.

Baca Juga : Jokowi : Dengan PPKM Mikro Wabah COVID-19 Bisa Dikendalikan

Ia pun menyampaikan, pemerintah sampai hari ini masih berjuang melawan virus yang mendunia tersebut dengan telah menerima banyak masukan-masukan, baik secara pribadi, kelompok, ataupun masyarakat.

“Pemerintah telah mempelajari berbagai opsi penanganan COVID-19 dengan memperhitungkan kondisi ekonomi, sosial, politik di negara kita Indonesia, dan juga pengalaman, pengalaman dari negara lain,” katanya.

Namun begitu, baginya upaya pemerintah tidak akan berhasil jika masyarakat tidak melakukan upaya dengan menerapkan protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Oleh sebab itu mari kita semua lebih berdisiplin. Disiplin yang kuat dalam menghadapi wabah ini,” kata Jokowi. “Wabah ini masalah yang nyata, penyakit ini tidak mengenal ras, maupun diskriminasi. Setiap orang tidak peduli apa asal usulnya, status ekonominya, agamanya, maupun suku bangsanya, semuanya dapat terkena.”

Upaya Pengentasan Wabah COVID-19

Jokowi menegaskan ada dua upaya utama yang telah dilakukan pemerintah untuk mengentaskan wabah COVID-19. Diantaranya pemberlakuan PPKM Mikro dan vaksinasi.

“Saya sampaikan bahwa PPKM Mikro dan lockdown memiliki esensi yang sama yaitu membatasi kegiatan masyarakat, untuk itu tidak perlu dipertentangkan,” katanya.

Sementara untuk vaksinasi, Ia mengatakan, jangan sampai ada warga yang tidak mengikuti vaksinasi. Karena menurutnya, vaksinasi adalah upaya terbaik yang tersedia saat ini untuk mencapai kekebalan komunitas.

Baca Juga : Pasien COVID RSUD Berontak Ingin Kabur, Ini Videonya

“Jika sudah ada kesempatan mendapatkan vaksin, segera ambil. Jangan ada yang menolak, karena agama apapun tidak ada yang melarang vaksin, ini demi keselamatan kita,” serunya.

Terakhir, Jokowi pun meminta agar masyarakat tetap dirumah dan tidak melakukan perjalanan jika tidak ada kebutuhan yang mendesak.

“Saya mita satu hal yang sederhana, tinggalah dirumah jika tidak ada kebutuhan yang mendesak. Hanya dengan langkah bersama, kita bisa menghentikan wabah ini. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, memberkahi kita semua. Wassalamualaikum.” pungkasnya (ade/*)